18 Makanan Khas Jepara yang Mantul dan Mesti Kamu Cobain! Rasanya Menggugah Selera

18 Makanan Khas Jepara yang Mantul dan Mesti Kamu Cobain! Rasanya Menggugah Selera

Cicipi rondo royal makanan khas Jepara-iNews-

Bumbu yang dipake antara lain bawang putih, pala, garam, dan merica. Sup udang disajikan dengan bihun, tomat, tauge, dan daun bawang yang bikin makin segar dan lezat. Harganyamulai dari Rp20.000,-.

13. Sambal Samtis

Selain makanan dari ikan laut, Jepara juga punya sambal yang nggak kalah enaknya. Sambal samtis ini dibuat dari campuran sambal cabai sama petis udang.

Bumbunya ada cabai rawit, bawang putih, garam, kecap, dan petis udang. Cocok banget buat nambahin selera makan sama nasi dan makanan lainnya. Biasanya dijual di restoran dengan harga mulai dari Rp5.000,- per porsinya.

14. Bakso Bambu Runcing

Namanya aja udah unik, kan? Bakso bambu runcing ini beda dari bakso biasa karena bentuknya yang kayak bambu runcing di ujungnya.

Isinya sama aja kayak bakso biasa, ada bakso, kuah kaldu, tetelan sapi, dan daun bawang. Penjualnya ada di Pasar Baru, Ngabul Tahunan Jepara. Harganya Rp20.000,- per porsinya.

15. Bontosan

Buat pecinta kerupuk, wajib cobain bontosan di Jepara. Ini kerupuk terbuat dari ikan kerapu. Bentuknya kayak gulungan dan bisa digoreng atau dikukus buat dimakan sama sambal. Di pasar atau toko oleh-oleh, harganya mulai dari Rp10.000,- per bungkusnya.

16. Bakso Ekor Kuning

Khas pulau Karimun Jawa, bakso ini terbuat dari ikan laut, khususnya ikan ekor kuning yang kenyal, gurih, dan nggak amis.

Bakso ekor kuning disajikan sama bakso ikan, mie kuning, bihun, seledri, dan daun bawang. Cocok banget buat dinikmati pas cuaca dingin. Harganya sekitar Rp8.000,- per porsi.

17. Kacang Jepara

Kalau lagi ke Jepara dan mau bawa oleh-oleh, kacang Jepara ini oke banget buat dipilih. Kacang tanah ini dipanggang pake pasir, sebelumnya dibumbuin bawang putih, jinyen, dan ketumbar.

Ada dua rasa, asin dan manis. Bisa didapatkan di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp20.000,- per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: