Berani Cicipi 9 Sambal Khas Indonesia ini? Dijamin Bikin Ketagihan

Berani Cicipi 9 Sambal Khas Indonesia ini? Dijamin Bikin Ketagihan

Sambal matah khas Indonesia-Kompas.com-

DISWAYJATENG - Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang luar biasa. Salah satu ciri khas kuliner Indonesia adalah penggunaan sambal. Sambal merupakan hidangan pendamping yang wajib ada di setiap meja makan di Indonesia.

Sambal di Indonesia memiliki beragam jenis dan rasa. Ada yang pedas, gurih, manis, asam, atau perpaduan dari beberapa rasa tersebut. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai sambal khasnya masing-masing.

Berikut adalah beberapa sambal lezat dan unik di Indonesia yang wajib kamu coba

1. Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk purut. Sambal ini bakal bikin makan kamu jadi makin nikmat karna rasanya yang segar dan pedas.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Menu Makanan yang Wajib Kamu Coba di Kampung Kuliner Kroya! Kamu Wajib Coba

Sambal matah biasanya disajikan dengan nasi putih, lauk pauk, atau sebagai pelengkap berbagai hidangan. Sambal ini juga cocok untuk dimakan dengan camilan seperti gorengan atau kerupuk.

2. Sambal Dabu-Dabu

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, tomat, dan perasan air jeruk nipis. Sambal ini memiliki cita rasa yang segar, pedas, dan asam.

Sambal dabu-dabu biasanya disajikan dengan ikan bakar, ayam bakar, atau sebagai pelengkap berbagai hidangan. Sambal ini juga cocok untuk dimakan dengan camilan seperti pisang goreng atau singkong goreng.

3. Sambal Roa

Sambal roa adalah sambal khas Manado yang terbuat dari ikan roa asap, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Sambal ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan asam.

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Tahu Aci Khas Tegal: Kuliner Melegenda Sepanjang Masa

Sambal roa biasanya disajikan dengan nasi putih, lauk pauk, atau sebagai pelengkap berbagai hidangan. Sambal ini juga cocok untuk dimakan dengan camilan seperti gorengan atau kerupuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: