18 Makanan Khas Jepara yang Mantul dan Mesti Kamu Cobain! Rasanya Menggugah Selera

18 Makanan Khas Jepara yang Mantul dan Mesti Kamu Cobain! Rasanya Menggugah Selera

Cicipi rondo royal makanan khas Jepara-iNews-

Dimasak dengan dikukus pake daun pisang biar ada aroma dan rasanya khas. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp3.000,- per bungkusnya.

8. Lontong Krubyuk

Makanan khas Jepara ini pake lontong sebagai bahan utamanya. Lontong krubyuk disajikan sama irisan daun seledri, tauge, dan suwiran daging ayam. Kuahnya pake kaldu sapi, jadi rasanya makin enak.

Pas banget buat sarapan pagi, bisa ngganjal perut yang lapar dan bikin badan hangat. Harganya Rp10.000,- per porsinya.

9. Pindang Serani

Jepara punya pindang serani, nih, yang pakai bahan dasar ikan. Sup ikan ini punya rasa asam, pedas, dan manis yang khas. Ikan yang biasa dipake itu bandeng, kakap, atau kerapu.

Bumbunya ada bawang merah, bawang putih, belimbing wuluh, tomat, kemangi, dan daun bawang. Biasanya dijual di restoran atau rumah makan pinggiran dengan harga mulai dari Rp25.000,- per porsi.

10. Soto Jepara

Salah satu menu sarapan khas Jepara adalah soto. Kuahnya bening agak kekuningan dan ada santan di dalamnya.

Yang beda dari soto Jepara sama soto lain, ada tambahan daun kucai yang bikin beda dan tambah nikmat. Sajian sotonya pake nasi dan bisa ditambahin sate usus, tempe goreng, tahu goreng, atau horok-horok. Harganya bervariasi, mulai dari Rp12.000,-.

11. Rondo Royal

Nama makanan ini unik banget, ya? Ternyata rondo royal atau monyos ini dibuat dari tape singkong yang digoreng. Caranya, tape singkong yang udah diparut dicampur tepung terigu, gula, penyedap rasa, dan vanili.

Enaknya makan rondo royal pas masih hangat, rasanya lebih nendang. Bisa dicari di warung, pasar, atau kafe di sekitar Jepara dengan harga sekitar Rp5.000 per porsinya.

12. Sup Udang

Jepara punya sup udang yang lezat banget. Sup ini asam, pedas, manis, dan udang jadi bahan utamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: