13 Rekomendasi Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Kamu Coba, Pasti Bikin Ketagihan!

13 Rekomendasi Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Kamu Coba, Pasti Bikin Ketagihan!

Nasi Megono khas Pekalongan--

DISWAYJATENG - Pekalongan, kota yang terkenal dengan batiknya, juga punya banyak kuliner yang enak dan bikin nagih. Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman, semuanya bisa kamu temui di sini. 

Jika kamu berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Pekalongan yang wajib kamu coba.

1. Nasi Megono

Nasi Megono adalah kuliner khas Pekalongan yang paling terkenal. Nasi ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan nangka muda yang dimasak dengan bumbu megono.

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Tahu Aci Khas Tegal: Kuliner Melegenda Sepanjang Masa

Bumbu megono terbuat dari kelapa parut, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan garam. Nasi Megono biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, atau tempe goreng.

Nasi Megono memiliki cita rasa yang khas, dengan perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas dari bumbu megono. Rasa nangka muda yang manis dan lembut juga menambah kenikmatan Nasi Megono.

2. Tauto

Tauto adalah soto khas Pekalongan yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Daging direbus dengan kuah tauco yang gurih dan pedas. Tauto biasanya disajikan dengan lontong, tauge, dan kerupuk.

Tauto memiliki kuah yang berwarna merah kecoklatan karena menggunakan tauco. Rasa kuah Tauto yang gurih dan pedas berpadu dengan rasa daging yang empuk dan tauge yang segar.

3. Garang Asem Khas Pekalongan

Garang Asem adalah ayam yang dimasak dengan bumbu asam-asam. Ayam dimasak dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tomat, dan asam jawa. Garang Asem biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

BACA JUGA:Wah, Simak Fakta Menarik Tentang Martabak! Ternyata Asal-Usulnya Dari Orang Tegal Loh

Garang Asem memiliki rasa yang asam segar dan sedikit pedas. Rasa asam dari asam jawa berpadu dengan rasa gurih dari ayam dan bumbu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: