4 Rekomendasi Spot Street Food di Tegal, Ini Tempat yang Sobat Kuliner Cari!

4 Rekomendasi Spot Street Food di Tegal, Ini Tempat yang Sobat Kuliner Cari!

ilustrasi aktivitas pedagang spot street food --

DISWAY JATENG - Spot street food (jajanan pinggir jalan), salah satu tempat yang wajib pecinta kuliner cari setiap tengah berwisata.

Selain harganya yang murah meriah, street food menjadi spot andalan wisatawan karena  jajanannya yang beraneka ragam.

Tegal menjadi salah satu daerah dengan banyak spot kuliner yang menggugah selera wisatawan, salah satunya adalah pusat street food yang dapat ditemukan di beberapa lokasi.

Berikut kami rekomendasikan 4 spot street food di Tegal yang dapat menjadi lokasi andalan para sobat kuliner: 

BACA JUGA:Harus Cobain! Inilah 7 Street Food Korea yang Enak Abis dan Sering Muncul di Drakor

BACA JUGA:4 Restoran Korea Terbaik di Tegal, Ada yang K-Pop Banget!

1. Jalan Kartini

Jalan Kartini menjadi pusat street food pertama yang harus wisatawan tahu. Tempat ini telah menjadi lokasi jajanan favorit masyarakat setempat.

Jalan Kartini berada di Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, berseberangan dengan Yogya Mall dari Barat, atau setelah pintu rel kereta Slerok dari Timur.

Area street food ini menawarkan banyak sekali aneka jajanan yang berjejer sepanjang jalan kurang lebih 500 meter.

Para sobat kuliner akan dimanjakan dengan jajanan khas Tegal seperti olos, es teh Poci, es krim batok, gemblong, bubur bakar, serabi miring, kupat dan lain-lain.

Selain jajanan khas Tegal, di spot street food ini kita dapat menikmati jajanan viral Bandung seperti seblak, cireng, cilor, cipak, cireng isi, asinan dan umpia basah.

Ataupun mendapatkan jajanan khas Solo dan Pekalongan seperti serabi, pukis, kamir dan lain-lain, bahkan jajanan Jepang dan Korea.

Kita dapat menikmati jajanan di Jalan Kartini kapan pun karena biasanya para penjual berjualan dari pagi hingga larut malam.

BACA JUGA:Wajib Dicoba, 7 Makanan Khas Tegal Terpopuler dengan Citra Rasa Lezat

BACA JUGA:9 Rekomendasi Makanan Khas Tegal, Nomor 7 Bikin Ketagihan

2. Alun-alun Kota Tegal

Masih terhubung spot sebelumnya, Alun-alun Kota Tegal ini berada di area Taman Pancasila, tepatnya di Jalan Pancasila, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Jika sobat kuliner ingin mengitari semua spot jajanan Kota Tegal dapat menembus Jalan KH Ahmad Dahlan menuju alun-alun ini, atau sebaliknya.

Selain terkenal sebagai tempat wisata ikonik di Tegal, alun-alun ini ramai dengan jajanan di sepanjang sisi jalan. Sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu libur.

Jajanan street food yang dapat ditemukan di lokasi ini misalnya tahu gejrot, kue, bolu, salad, pukis, zuppa soup, pentol, olos, jasuke, corndog, sosis bakar, es teh, jus dan lain-lain.

Spot street food ini aktif sepanjang hari, sehingga kita tak payah menentukan waktu untuk berburu jajanan. Menariknya lagi, setiap Minggu tempat ini menjadi lokasi Car Free Day (CFD).

Saat Minggu pagi, area alun-alun khusus digunakan untuk CFD hingga menjelang jam makan siang. Banyak ditemukan pedagang makanan, aksesoris, pakaian, barang antik dan lain-lain.

3. Jalan KH Wahid Hasyim

Tempat jajanan street food kedua berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Desa Pakembaran, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

Berada di sebelah timur SMAN 1 Sawi,  jajanan berjejer kurang lebih 300 meter. Selain di sisi jalan, terdapat pelataran khusus jajanan yang digunakan sekaligus untuk tempat nongkrong.

Makanan yang dijual di spot ini masih tergolong ramah dibkantong pelajar, mengingat tempatnya yang memang berseberangan langsung dengan sekolah.

Jajanan yang dapat kita temukan di sana beraneka ragam, seperti seblak, cuanki, cireng, cipak, olos, wonton, corndog, kentang, takoyaki, pentol, dimsum dan masih banyak lagi.

Tak hanya makanan ringan, di sana banyak juga ditemukan makanan berat seperti bakso, ramen, chicken katsu, nasi bakar, nasi kebuli, mi ayam, mi aceh dan sejenisnya.

Selain dapat menikmati jajanan yang begitu banyak, kita akan dimajakan dengan view bangunan tua era Belanda yang dijadikan tempat makan.

Kita dapat menjadikan bangunan kuno ini sebagai spot foto menarik ataupun mencicip makanan yang ditawarkan resto mini ini.

Spot street food ini aktif saat jam makan siang hingga sore hari, para sobat kuliner disarankan untuk datang di jam makan siang supaya tak ketinggalan.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tegal dengan Cita Rasa Legendaris, Wajib Dibawa Pulang!

BACA JUGA:5 Makanan Khas Tegal Ini Tidak Akan Kamu Temui di Daerah Lain, Unik Banget!

4. Alun-alun Hanggawana

Alun-alun Hanggawana berada tak jauh dari Jalan KH Wahid Hasyim, tepatnya di Jalan Dr Soetomo Nomor 1, Prenam, Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

Tempat ini merupakan salah satu wisata lokal yang dapat dinikmati para wisatawan. Tempat ini sering kali menjadi area pusat jajanan di sisi jalan.

Di hari kerja, paling banyak ditemukan di sana adalah makanan berat seperti ketoprak, lontong sayur, mi ayam dan soto.

Namun kita juga dapat menikmati jajanan seperti tahu gejrot, tahu bulat, sotang, pentol, cuanki, es teh, es jeruk, kopi dan sejenisnya.

Biasanya para pedagang keliling mulai aktif berjualan saat sore hari. Namun setiap Minggu, spot street food digunakan untuk CFD sehingga aktif di pagi hari.

Saat CFD alun-alun ini menjadi spot jajanan menarik karena beragam makanan dapat ditemukan di sana. Tak hanya jajanan, namun juga pakaian, aksesoris bahkan peliharaan.

Sehingga para wisatawan lebih disarankan untuk datang pada Minggu pagi jika ingin berburu banyak makanan.

Setelah mengetahui daftar spot street food di atas, apakah sobat kuliner berencana datang ke sana ketika berkunjung ke Tegal? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: