5 Makanan Khas Tegal Ini Tidak Akan Kamu Temui di Daerah Lain, Unik Banget!

5 Makanan Khas Tegal Ini Tidak Akan Kamu Temui di Daerah Lain, Unik Banget!

Makanan Khas Tegal--

DISWAY JATENG - Makanan khas Tegal menjadi salah satu incaran yang tidak luput dari perhatian para wisatawan. Pasalnya, Tegal tidak hanya menawarkan wisata alamnya saja untuk pendatang asing, namun juga wisata kulinernya.

Makanan khas seminimal mungkin harus kamu coba sekali seumur hidup saat kamu berkunjung di suatu daerah. Kamu yang berniat berkunjung ke Tegal, tentu tidak akan menyesal setelah mencicip makanan uniknya.

Tegal dengan segala keindahannya menyimpan ragam makanan khas legendaris yang tidak akan ditemukan di daerah mana pun. Apa saja itu?

Berikut ini informasi mengenai 5 makanan khas Tegal yang unik dan tidak akan kamu temui di daerah lain:

BACA JUGA:9 Rekomendasi Makanan Khas Tegal, Nomor 7 Bikin Ketagihan

1. Jintul

Berbahan dasar bodin atau singkong membuat jintul masuk dalam kategori makanan pedesaan yang merakyat. 

Sebelum siap makan, jintul melalui proses masak yang panjang. Dari singkong yang mulanya direbus selama 2 jam, dikepal membentuk potongan adonan yang inilah disebut jintul.

Makanan bertekstur lengket dan kenyal ini mirip dengan ketan. Bedanya, jintul berbahan dasar singkong dan air saja tanpa tambahan santan, sehingga gurih yang dihasilkan murni dari rasa singkong.

Masyarakat Tegal—terutama orang tua—terbiasa memakan jintul sebagai pelengkap gorengan dan sambal. Jintul sangat cocok untuk menemani waktu bersantai dan mengobati laparmu.

Dewasa ini jintul telah banyak dijual oleh pelaku UMKM dalam bentuk keripik dengan rasa balado, keju, atau pun barbeque, sehingga lebih bersahabat dengan kalangan muda.

2. Kue Tempel

Jajanan satu ini merupakan makanan legendaris yang hampir hilang di Tegal. Kue tempel terbuat dari ketan dan kelapa parut, dengan taburan pisang raja dan gula jawa di atasnya. 

Kue tempel sekilas mirip dengan kerak telor khas Betawi. Jika kerak telor merupakan jajanan asin, maka makanan khas Tegal ini hadir sebagai pelengkap jajanan manisnya.

Bila sebagai wisatawan kamu sempat memakan jajanan Tegal ini, beruntunglah lidahmu. Kamu akan diajak merasakan perpaduan rasa manis, gurih, asam, dengan wangi sangrai khas yang sulit dilupakan indra penciumanmu.

Jika kamu penasaran lanrtas ingin mencobanya, kamu bisa datang ke lapak Mama Cun atau Meiwa di Kota Tegal.

3. Sate Batibul

Sate Batibul atau singkatan dari bawah tiga bulan adalah sate kambing khas Tegal yang unik. Sesuai namanya, sate ini dibuat dengan daging kambing berusia kurang dari tiga bulan. 

Pemilihan daging kambing muda ini menghasilkan cita rasa sate yang lebih empuk, kenyal, dan gurih dibandingkan dengan sate kambing pada umumnya. Tak hanya itu, sate Tegal ini memiliki rasa yang khas dengan bumbu yang tiada duanya, sehingga menjadi keunikan lain. 

Sekilas tentang persatean Kota Bahari, restoran batibul dapat dengan mudah ditemui di seluruh daerah Tegal jika kamu hendak menjadikan makanan khas Tegal yang ini ke dalam list wisata kulinermu.

BACA JUGA: Jangan Lupa Guys, Tempat Makan Sate Kambing Muda Favorit di Tegal 

4. Rujak Teplak

Jika kamu ingin mencoba sambal unik, kamu wajib membeli makanan khas Tegal ini. Rujak teplak merupakan cemilan aneka sayuran berupa daun singkong, jantung pisang, tauge, kol, kangkung, dan sejenisnya yang dipadukan dengan sambal teplak. 

Sambal teplak sendiri terbuat dari bahan dasar ubi rebus yang dicampur ke dalam sambal dengan bumbu serupa bumbu pecel. Dengan tambahan ubi rebus di dalamnya, sambal teplak menghasilkan tekstur lembut pada makanan.

Secara tampilan, rujak teplak sangat menggiurkan. Perpaduan sambal dengan sayuran akan membuat kamu merasakan sesuatu yang baru dan nagih.

5. Glotak

Berbeda dengan rujak teplak secara tampilan, sebagai wisatawan mungkin kamu kurang yakin dengan rasa glotak ini. Namun siapa sangka jika kamu berani mencicipi, tidak menutup kemungkinan kamu akan jatuh cinta dengan makanan khas Tegal satu ini. 

Glotak terbuat dari fermentasi ampas kedelai yang disebut gembus. Gembus ini kemudian dicampur ayam serta bumbu dapur yang kaya, seperti bawang-bawangan, lengkuas, sereh, jahe, kunyit, dan sejenisnya. 

Rasa dari Glotak sendiri kurang lebih mirip dengan sambal petis, hanya saja makanan ini cenderung memiliki cita rasa rempah yang lebih kuat. Rasa pedas dari sambal glotak ini sangat cocok menjadi teman makan nasi. 

BACA JUGA:5 Jajanan Tempo Dulu yang Masih Eksis di Tegal, Nomor 3 Rasanya Bikin lidah ketagihan

Makanan khas tiap daerah tentu saja memiliki keunikan tersendiri, hal ini mengingat sumber pangan tiap daerah pun dapat berbeda-beda. Begitu juga dengan makanan khas Tegal.

Sebagai wisatawan tentu sangat rugi jika kita melewatkan wisata kuliner ketika berkunjung ke suatu daerah. Dari 5 makanan unik khas Tegal di atas, kira-kira mana yang membuat kamu tertarik? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: