9 Rekomendasi Makanan Khas Tegal, Nomor 7 Bikin Ketagihan

9 Rekomendasi Makanan Khas Tegal, Nomor 7 Bikin Ketagihan

gemblong ocar, makanan khas tegal-tangkapan layar sosmed-

DISWAY JATENG- Membahas kuliner daerah tentunya tidak akan ada selesainya dan tidak akan membosankan, termasuk makanan khas yang ada di Tegal. 

Tegal adalah salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah, terdapat berbagai makanan khas tegal yang tentunya memiliki cita rasa yang enak dan lezat. 

Tegal terkenal dengan wartegnya atau yang memiliki kepanjangan warung tegal, warung ini menyediakan berbagai macam makanan, sayuran serta lauk pauk. Warteg sudah dikenal diberbagai kota.

Selain terkenal dengan wartegnya, kota ini juga terkenal dengan makanan khas tegal yang harus dicicipi ketika kamu berkunjung ke tegal. 

BACA JUGA:7 Oleh-oleh Khas Tegal yang Legendaris dan Murah, Nomor 6 Enaknya Kebangetan!

Artikel ini akan membahas makanan khas tegal yang enak dan lezat :

1. Rujak Teplak

Rujak teplak merupakan makanan yang berisikan beragam sayuran seperti kangkung, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, jantung pisang, dan timun rebus. Lalu sisiram dengan olahan bumbu dari singkong direbus dan dihaluskan.

2. Sega Ponggol

Makanan khas tegal yang kedua adalah sega ponggol, sega ponggol adalah nasi putih yang dicampur dengan lauk pauk dan dibungkus dengan daun pisang yang pastinya menambah aroma sedap.

Biasanya campuran dari sega ponggol adalah mendoan, tempe dan tahu orek, telur dadar, mie goreng dan lain-lain. Masyarakat tegal menjadikan nasi ponggol ini sebagai menu sarapan di pai hari.

Untuk harga seporsinya cukup murah, hanya 5 ribu saja.

3. Sate Kambing Muda

Tegal juga terkenal dengan sate kambing mudanya, sate kambing disini berbeda dengan yang lain. Karena pemilihan kambingnya yang berumur dibawah 3 bulan dan dibawah 5 bulan, ini yang menjadikan daging satenya empuk serta tidak berbau perengus.

4. Es Lontrong

Tidak hanya makanan, tegal juga memiliki minuman segar yang wajib kamu coba ketika berkunjung dikota ini. 

Yaitu es lontrong, es tradisional ini berisikan kacang hijau, cincau serta agar-agar. Yang membuat segar adalah siraman dari santan, gula merah serta serutan es.

BACA JUGA:Kuliner khas Tegal yang Dijamin kelezatannya, Bikin Lapar Semua!

5. Soto Tauco

Soto tauco juga termasuk makanan khas tegal, soto tauco adalah makanan fermentasi yang terbuat dari biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan, serta diaduk dengan tepung terigu.

Soto tauco disajikan dengan tauge, lontong serta potongan daging ayam.

6. Kupat Blengong

Makanan khas tegal berikutnya adalah kupat blengong. Blengong adalah hewan yang berasal dari hasil perkawinan antara bebek dengan mentok.

tekstur daging blengong ini mirip dengan bebek, namun memiliki serat yang lebih lunak. Biasanya kupat blengong ini disajikan dengan kuah kupat glabed yang ditambah dengan sate blengong.

7. Gemblong Ocar

Gemblong Ocar ini adalah jajanan tradisional khas tegal yang cukup terkenal, makanan ini terbuat dari olahan ketan dan disiram menggunakan air gula aren serta taburan parutan kelapa.

Gemblong ocar memliki rasa manis gula aren, gurihnya ketan serta parutan kelapa yang membuat perpaduan sempurna untuk dicicipi.

8. Glotak

Glotak adalah olahan gembus atau oncom yang dimasak menggunakan bumbu khasnya, umumnya glotak memiliki rasa pedas karena dibuat dengan kaldu dan cabai.

Ketika mencicipi makanan ini diharapkan dengan kerupuk, karena agar terasa lebih nikmat.

9. Kacang Bogares

Kacang Bogares adalah kacang khas tegal yang mempunyai cita rasa gurih, renyah, manis, serta asin.

Kacang Bogares dapat ditemukan di pusat oleh-oleh khas Tegal dengan harga Rp.49.000/500 gram. (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

BACA JUGA:Wajib Anda Coba, Inilah Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera Dan Lezat

Itulah pilihan makanan khas tegal yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung di tegal.

Semoga bermanfaat. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: