Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang Sosialisasi Edukasi Pengolahan Sampah Digital

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang Sosialisasi Edukasi Pengolahan Sampah Digital

MEMASUKAN - Plt Kepala DLH Dian Ika Siswanti memasukan botol plastik dalam drobok pengolahan sampah secara digital.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten PEMALANG melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyosialisasikan inovasi pengolahan sampah secara digital. Menggunakan alat berupa drobok untuk memasukan sampah anorganik ke dalamnya. Serta bisa menghasilkan rupiah bagi yang memasukkannya dengan menggunakan aplikasi.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang Dian Ika Siswanti mengatakan, untuk mengurangi volume sampah. Pihaknya bersama mitra kerjanya yakni Bank Sampah Induk Mountrash melakukan pengolahan sampah secara digital. 

BACA JUGA:Keluarga Besar SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Iinfak Serba 111

Pengolahan sampah secara digital ini akan disosialisasikan ke sekolah-sekolah. Sebagai edukasi pengolahan sampah kepada anak-anak atau siswa yang ada di masing-masing sekolah.

"Inovasi ini awalnya bersama mitra kerja Bank Sampah Induk Mountrash melakukan pengolahan sampah secara digital. Inovasi ini akan  dikembangkan di sekolah. Setelah itu jiga akan dikembangkan di kantor-kantor," katanya.

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Polres Pemalang Diminta Netral dalam Pemilu 2024

Dia berharap  pengolahan sampah secara digital ini ketika disosialisasikan di sekolah. Nantinya anak-anak sekolah dengan membawa botol plastik bekas untuk dimasukan ke drobok dan dengan mempunyai aplikasinya.  Kemudian nilai uang atau rupiah dari masukan botol bekas itu secara otomatis masuk ke dalam rekeningnya dari hasil menabung sampah. 

Inovasi ini merupakan edukasi dan inovasi yang luar biasa. Karena dengan inovasi ini akan dapat mengurangi volume sampah. 

BACA JUGA:Irigasi Wangan Candi Desa Kecepit Kabupaten Pemalang Dibangun

“Adapun sampah yang bisa diolah dalam inovasi ini adalah  sampah anorganik. Seperti botol plastik, kemasan minuman yang lainnya yang bisa didaur ulang bisa masuk dalam drobok,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: