Warga Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang Adakan Festival Sarung Goyor

Warga Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang Adakan Festival Sarung Goyor

UNJUK KREASI- Warga Desa Wanarejan Utara menunjukkan kreasinya saat mengikuti karnaval Festival Sarung Goyor Tahun 2023.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Warga Desa Wanarejan Utara, Kecamatan Taman menggelar Festival Sarung Goyor 2023 di lapangan olahraga desa setempat. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati PEMALANG Mansur Hidayat yang ditandai dengan pelepasan peserta karnaval. Turut mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten PEMALANG Santi Rosalia Mansur.

BACA JUGA:Lahan Kering, Produksi Labu Siam di Lereng Gunung Slamet Turun

Festivalyang digelar oleh warga Desa Wanarejan Utara sebagai upaya  untuk memperkenalkan dan mempromosikan. Hasil produksi sarung goyor kepada masyarakat luas. Sekaligus  sebagai desa wisata edukasi pembuatan sarung dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) yang ada di Desa Wanarejan Utara sebagai sentra utamanya. Karena semua peserta karnaval mengenakan sarung goyor khas produksi Desa Wanarejan Utara. Dengan berbagai macam kreasinya. Selain itu  berbagai macam replika juga disajikan dalam acara karnaval tersebut. Termasuk iringan musik dan warga masyarakat desa, tua muda ikut mengiringi jalannya karnaval.

BACA JUGA:Penggantian Eskalator di Pasar Pagi Kota Tegal Masih Bureng

Bupati Pemalang Mansur dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Desa Wanarejan Utara dan panitia penyelenggara Festival Sarung Goyor Pemalang Tahun 2023. Bupati berharap festival semacam ini untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya. Sehingga menjadi ikon Desa Wanarejan Utara khususnya dan Kabupaten Pemalang pada umumnya.

BACA JUGA:Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal Minta Agar Pendapatan Dimanfaatkan Optimal

"Festival seperti ini sangat menarik, harapannya tahun depan untuk dilaksanakan kembali dan produk sarung goyor. Ini akan semakin dikenal masyarakat luas, hingga mendunia," katanya.

Desa  Wanarejan Utara, jelasnya, sebagai kampung sarung goyor. Selain itu juga sebagai sarana wisata sarung goyor yang ada di Kabupaten Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: