DPRD Kabupaten Pemalang Rapat Paripurna Jawaban Eksekutif Terhadap Pandangan Umum Fraksi

DPRD Kabupaten Pemalang Rapat Paripurna Jawaban Eksekutif Terhadap Pandangan Umum Fraksi

PIDATO - Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan pidato jawaban eksekutif terhadap pandangan umum fraksi.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Setelah sejumlah fraksi menyampaikan pandangan umum fraksinya terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2024. Kali ini giliran Bupati PEMALANG Mansur Hidayat menyampaikan jawabannya dalam rapat paripurna di gedung dewan, kemarin. rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tatang Kirana, agenda tunggal hanya untuk mendengarkan jawaban eksekutif.

Ketua DPRD Tatang Kirana yang didampingi sejumlah Wakil Ketua DPRD Ajeng Triyani, Khodori dan HM Rois Faisal MS, untuk mengawali  jalannya rapat paripurna sebelum menyampaikan kata pengantar dan pembuka rapat. Setelah itu memberikan kesempatan kepada Bupati Pemalang Mansur Hidayat untuk menyampaikan pidato jawaban eksekutif. 

BACA JUGA:Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Pemalang Menyampaikan Pandangan Umum

Isi jawaban eksekutif yang disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat secara garis besar.  Sedangkan secara rinci jawaban eksekutif itu dalam lampir. Dimana sejumlah pertanyaan yang disampaikan oleh fraksi secara lengkap dijawab oleh eksklusif.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan dalam rangka memenuhi harapan seluruh fraksi DPRD terhadap berbagai pokok permasalahan yang disampaikan, maka pada kesempatan ini untuk menyampaikan materi jawaban eksekutif secara umum dalam garis-garis besar, terutama pada pokok persoalan yang menjadi perhatian sebagian besar fraksi.

BACA JUGA:Prof Nizar: Penguatan Moderasi Beragama di Semua Kementerian

Adapun uraian secara lebih lengkap dan terperinci atas setiap pendapat, pertanyaan, maupun saran dan masukan dari masing-masing fraksi, telah disampaikan dalam buku jawaban eksekutif atas pandangan umum Fraksi DPRD Kabupaten Pemalang terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2024. 

Menurutnya, pandangan umum yang diajukan oleh fraksi-fraksi, yang tercatat ada sebanyak 80 item pertanyaan maupun saran dan masukan yang disampaikan.

BACA JUGA:Pengajian Akbar Hari Santri Hadirkan Kyai Marzuki Mustamar

"Beberapa saran atau masukan yang konstruktif, tentu akan menjadi bagian dalam upaya mendukung peningkatan layanan masyarakat pada masa - masa yang akan datang. Sedangkan terhadap pertanyaan dan pendapat yang memerlukan penjelasan, dapat saya sampaikan jawaban ataupun tanggapan berdasarkan substansinya,"kata Bupati Mansur.

Dijelaskannya, beberapa permasalahan yang dihadapi dalam penyediaan infrastruktur dasar berupa pembangunan dan pemeliharaan jalan, pendidikan, kemiskinan, penataan sumber daya manusia aparatur dan prioritas pembangunan daerah. Serta upaya peningkatan PAD menjadi perhatian fraksi-fraksi dalam pandangan umumnya. 

BACA JUGA:Keren! Kejuaraan SH Terate Cup VI Diikuti 17 Kontingen

"Terhadap pertanyaan ini dapat saya jelaskan bahwa dalam upaya percepatan penyediaan layanan infrastruktur khususnya jalan, rencana penanganannya didasarkan pada data capaian kondisi jalan sampai dengan bulan September Tahun 2023 yang meliputi jalan dalam kondisi baik di Kabupaten Pemalang sepanjang 446,46 kilometer atau sebesar 58,31 persen, jalan dalam kondisi sedang sepanjang 80,94 kilometer atau sebesar 10,57 persen jalan kondisi rusak ringan sepanjang 82,91 kilometer atau sebesar 10,83 persen.  

BACA JUGA:Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal Apresiasi Meriahnya Hari Santri di Kecamatan Tarub

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: