5 Gunung yang Masih Aktif di Jawa Tengah, Nomor 1 Berstatus Waspada!

5 Gunung yang Masih Aktif di Jawa Tengah, Nomor 1 Berstatus Waspada!

gunung merbabu gunung yang masih aktif di jawa tengah-tangkapan layar instagram @gunung.merbabu-

Gunung merapi mempunyai ketinggian berkisar 2968 meter di atas permukaan laut, gunung ini sering mengalami erupsi. Bisa dikatakan bahwa gunung ini merupakan gunung paling aktif di jawa tengah. 

Tahun 1006 masehi letusan gunung ini kabarnya mengubah peradaban di Pulau Jawa. Hal ini tercatat pada Prasasti Pucangan di tahun 1941 masehi yang dibikin oleh Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan. Dampak letusan itu yakni merusak peradaban Kerajaan mataram kuno, termasuk candi borobudur serta mendut.

4. Gunung Dieng

Gunung dieng merupakan gunung yang masih aktif di jawa tengah, gunung ini memiliki kawah yang masih aktif yakni siglagah, sikidang, sileri, sinilia, serta timbang. 

Gunung dieng dikelilingi oleh wilayah kabupaten wonosobo, kabupaten batang serta babupaten banjarnegara.

Pada tahun 1979 gunung ini mengalami letusan freatik serta aktivitas panas bumi seperti kolam lumpur, solfataras, fumarol dan sumber air panas. Dan pada tahun2011 gunung ini mengalami letusan, letusan gunung dieng dibarengi dengan gas yang beracun yakni gas karbon dioksida.

5. Gunung Merbabu

Gunung yang masih aktif berikutnya yakni gunung merbabu, gunung ini memiliki ketinggian berkisar 3.145 meter diatas permukaan laut. Gunung ini tercatat pernah meletus di tahun 1560 serta 1797, yang dikelilingi oleh wilayah kabupaten boyolali, kabupaten magelang dan kabupaten semarang.

BACA JUGA:Waspada! Status Gunung Slamet Naik Menjadi Waspada

Itulah deretan gunung di jawa tengah yang masih aktif.

Semoga bermanfaat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: