Gelar Karya Bhineka Tunggal Ika MAN Kota Tegal Meriah

Gelar Karya Bhineka Tunggal Ika MAN Kota Tegal Meriah

TAMPILKAN TARIAN – Siswa MAN Kota Tegal menampilkan Tari Kuntulan dalam Gelar Karya Bhineka Tunggal Ika yang diselenggarakan di Halaman MAN Kota Tegal.Foto:K Anam S --

DISWAYJATENG, TEGAL – Untuk kali pertama, MAN Kota Tegal menyelenggarakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA) di Halaman MAN Kota Tegal. Mengusung tema Bhineka Tunggal Ika, Gelar Karya yang menampilkan kesenian, kebudayaan, adat istiadat, maupun kuliner Nusantara berlangsung meriah.

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Blusukan Monitor Jalan yang Rusak

Karya yang ditampilkan meliputi Tari Saman dari Aceh, Tari Zapin dari Riau, Tari Indang dari Sumatera Barat, Tari Kuntulan dari Jawa Tengah, Flash Mob Tari, Musikalisasi Puisi, Teater, Paduan Suara, Sendratasik, dan Kreasi Nusantara. Sementara untuk kulinernya meliputi Bakso Solo, Nasi Bakar Sunda, Pisang Ijo Sulawesi Selatan, Soto Semarang, dan lain sebagainya. 

Wakil Kepala Bidang Kurikulum sekaligus Ketua Panitia Gelar Karya Turati SPd MSi menerangkan, Gelar Karya Bhineka Tunggal Ika diikuti 484 siswa Kelas X yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Setiap kelas dibagi sesuai dengan talenta masing-masing, dan didampingi tenaga profesional dari luar maupun guru MAN Kota Tegal sendiri. 

BACA JUGA:Iphone 11! Hp Kualitas Dewa yang Harganya Semakin Terjangkau di 2023

“Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak serta fasilitator yang tidak kenal lelah mendampingi siswa,” ujar Turati SPd MSi.

Koordinator Fasilitator Kelas X Hj Eti Purwatiningsih SPd mengaku lega Gelar Karya yang dipersiapkan secara matang dan tidak main-main ini berlangsung sukses. Eti merasa bangga siswa yang dilatih dari nol dapat menunjukkan talenta secara maksimal, sehingga mampu menampilkan karya yang spektakuler dan menghibur. 

BACA JUGA:9 Rekomendasi Makanan Khas Tegal, Nomor 7 Bikin Ketagihan

Kepala MAN Kota Tegal Dr Drs H Tobari MAg mengatakan, Gelar Karya P5RA ini sangat penting untuk membentuk Pelajar Pancasila yang berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. “Nilai-nilai Pancasila satupun tidak ada yang bertentangan dengan ajaran agama. Terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga acara berlangsung sukses,” kata Tobari yang mengenakan pakaian adat Bengkulu.

Apresiasi diberikan Kepala Sub Bag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Agus Seri SAg MH kepada MAN Kota Tegal yang telah menjadi madrasah pilihan masyarakat. Gelar Karya yang mengusung tema Bhineka Tunggal Ika menggugah kesadaran bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa, baik dari seni, budaya, dan adat istiadatnya.

BACA JUGA:Ingin Lebih sehat? Lakukan 4 Cara Ini Kurang dari 1 Menit Secara Rutin

Agus berpesan kepada siswa MAN Kota Tegal agar bangga menjadi siswa MAN Kota Tegal, karena selalu terdepan dalam segi kualitas dan prestasi maupun sarana dan prasarananya. “Tidak boleh minder. Harus optimisis bahwa MAN Kota Tegal pilihan yang paling tepat. Insya Allah kalian akan menjadi orang-orang yang bermanfaat,” ucap Agus. 

BACA JUGA:Warteg Idaman di Tegal Yang Wajib Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id