4 Daerah di Jawa Tengah Ini Warganya Paling Panjang Umur, Rerata Usianya Mencapai 77 Tahun

4 Daerah di Jawa Tengah Ini Warganya Paling Panjang Umur, Rerata Usianya Mencapai 77 Tahun

Provinsi Jawa Tengah mempunyai 4 daerah yang rerata umur warganya paling panjang mencapai 77 tahun.--

DISWAY JATENG - Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang beribu kota di Semarang. Yang menarik beberapa kotanya memiliki rerata warganya yang berumur  panjang.

Letak geografisnya yang berada di tengah-tengah Pulau Jawa, membuat Jawa Tengah sangat strategis. Luas wilayahnya mencapai 32.544,02 km persegi, atau sekitar 28,94 persen luas Pulau Jawa.

Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah dengan luas 2.138,51 km persegi. Sementara yang paling kecil adalah Kota Magelang yang luasnya hanya 18,12 km persegi.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk di Jawa Tengah 2022 lalu mencapai 37.032.410 jiwa. Kabupaten Cilacap menjadi daerah yang paling banyak penduduknya, yakni 1.988.622 jiwa dan Kota Tegal, yang paling sedikit hanya 278 299 orang.

Ada 4 daerah yang rerata usia warganya paling panjang umur di Jateng. Reratanya merupakan indikator angka harapan hidup berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

4 daerah yang warganya paling panjang umur 

1. Kabupaten Sukoharjo

Yang pertama adalah Kabupaten Sukoharjo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo yang berada di selatan Kota Surakarta ini terkenal sebagai satu di antara kota industri di Provinsi Jateng.

Sebelumnya, Kabupaten Sukoharjo sempat menjadi wilayah Daerah Istimewa Surakarta sebelum dibubarkan pada 1946. Kabupaten Sukoharjo adalah kabupaten terkecil nomor dua di Jateng.

Sukoharjo memiliki luas 46,666 km persegi, atau 1,43 persen luas wilayah Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif Kabupaten Sukoharjo memiliki 12 kecamatan, terdiri dari 17 kelurahan dan 150 desa.

Kabupaten Sukoharjo tercatat pada 2022 angka harapan hidupnya mencapai 77,82 tahun.

2. Kota Salatiga

Kota Salatiga adalah kota di Provinsi Jateng, yang berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang.

Salatiga terletak secara strategis antara Semarang dan Solo di ketinggian 450-850 mdpl. Karena lokasinya yang geografis, Salatiga memiliki cuaca yang sejuk dan segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: