Bisa Bikin Otak Encer, Inilah 8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak, Apa Saja?

Bisa Bikin Otak Encer, Inilah 8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak, Apa Saja?

Ilustrasi Makanan yang Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Otak menjadi pusat kendali dalam tubuh Anda. Ia bertugas menjaga detak jantung, pernapasan, dan membuat Anda dapat bergerak, merasakan, dan berpikir.

Ia membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi agar dapat bekerja secara optimal.

Misalnya saja, nutrisi Omega-3 dapat membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, atau antioksidan yang dapat mengurangi stres, penuaan otak, dan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Oleh karena itulah, penting untuk menjaga apa yang Anda konsumsi karena dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak secara jangka panjang.

Berdasarkan penelitian, terdapat berdapat beberapa makanan tertentu yang dapat meningkatkan fungsi otak, kemampuan memori, dan konsentrasi.

Berikut merupakan 8 makanan yang membuat kecerdasan otak Anda meningkat, Yuk simak!

1. Lemak Ikan

Mengonsumsi lemak ikan terbukti secara ilmiah mampu membantu mencerdaskan otak karena kandungan omega-3 yang tinggi.

Makanan kaya asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, tuna, ikan kembung, sarden, haring, dan makarel sangat baik meningkatkan kemampuan otak.

Omega-3 juga bisa didapat dari kedelai, kacang-kacangan, biji rami, dan biji-bijian lainnya.

2. Aneka Sayuran Hijau

Brokoli, bayam, kale, kangkung serta sayuran hijau lainnya dapat berkontribusi dalam meningkatkan IQ.

Aneka sayuran hijau tersebut memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat membantu memulihkan energi serta meningkatkan fungsi sel darah merah.

Secara tidak langsung jika rutin dikonsumsi, aneka sayuran hijau bermanfaat dalam menutrisi sel otak dan bisa meningkatkan taraf kecerdasan seseorang.

BACA JUGA:8 Daftar Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah Hingga Risiko Stroke

3. Teh Hijau

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, teh hijau juga mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan kekuatan otak.

Studi dari University of Basel yang dimuat dalam jurnal “Psychopharmacology” mengungkap jika konsumsi teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif, terutama kemampuan mengingat.

Penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau sebelum melakukan tes kognitif dapat mengerjakan soal lebih baik daripada mereka yang mendapat perlakuan plasebo.

Peneliti mengatakan jika teh hijau mampu meningkatkan sambungan sinaptik dengan jarak pendek antar otak sehingga mereka dapat belajar lebih cepat.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh bayi. Tidak hanya mudah dikonsumsi dan dicerna, tetapi juga memenuhi syarat sebagai makanan penambah otak yang luar biasa.

Alpukat membantu dalam peningkatan fungsi kognitif. Dikemas dengan lemak sehat, folat, omega-3, magnesium, vitamin (A, B, C, D, E, K), dan kalium, alpukat meningkatkan konsentrasi dan memori.

Tak hanya untuk anak saja, namun ia juga bagus untuk dikonsumsi oleh orang dewasa karena manfaatnya yang dapat mengurangi resiko stroke dan pembekuan darah.

5. Telur

Telur merupakan makanan untuk otak yang baik karena mengandung folat, vitamin B6, vitamin B12, dan kolin. Kolin dibutuhkan tubuh untuk membentuk zat kimia otak yang mengatur ingatan dan mood.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kolin menunjukkan perningkatan daya ingat dan kesehatan mental.

6. Blueberry

Penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi buah ini memiliki daya ingat yang baik dan berisiko lebih kecil untuk mengalami penurunan daya pikir.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan di buah bluberi yang berperan dalam mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang dapat menurunkan kinerja otak.

BACA JUGA:Waspada Jika Sering Kesemutan! 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Sensasi Kesemutan, Salah Satunya Diabetes

7. Kacang-Kacangan

Kacang mengandung sejumlah nutrisi peningkat otak, termasuk vitamin E, omega-3, antioksidan, dan senyawa tanaman.

Maka dari itu, memakan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian baik untuk otak. Selain itu, sebuah penetian tahun 2014 menemukan bahwa vitamin E juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan kognisi dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dengan jumlah vitamin E tertinggi meliputi biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang hazel.

8. Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung kakao yang memiliki kandung flavonoid, sejenis antioksidan.

Flavonoid dalam cokelat dapat membantu melindungi otak. Penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat, terutama dark chocolate, dapat meningkatkan memori dan suasana hati.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber