Inilah Deretan Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan, Pilihan Tepat yang Ingin Menjaga Berat Badan

Inilah Deretan Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan, Pilihan Tepat yang Ingin Menjaga Berat Badan

Ilustrasi manfaat ketan hitam--Pinterest

DISWAYJATENG.ID - Anda tentu tak asing lagi dengan ketan hitam karena banyak olahannya dijual di pasaran. Ketan hitam mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, baik yang masih berbentuk beras hingga berbagai aneka makanan seperti bubur, tape ketan, hingga cendil.

Selain mengenyangkan, ketan hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketan hitam memiliki kandungan serat cukup tinggi, tetapi mengandung kalori cukup rendah.

Tak hanya itu, ketan hitam masih menyimpan ragam nutrisi penting bagi kesehatan seperti zat besi, protein, karbohidrat, serat, dan vitamin E. Kandungan mineral dalam ketan hitam meliputi kalium, magnesium, dan zinc.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 manfaat ketan hitam bagi kesehatan:

1. Sumber Serat

Serat adalah komponen penting dalam makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan beberapa cara:

Mencegah Sembelit

Serat dalam ketan hitam menambah volume tinja dan melonggarkan pergerakan usus, membantu mencegah sembelit dan menjaga pencernaan yang lancar.

Mendukung Pertumbuhan Bakteri Baik

Serat bertindak sebagai makanan bagi bakteri baik di usus, yang penting untuk kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Berat Badan Sehat

Makan makanan tinggi serat cenderung membuat Anda merasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan sehat.

Regulasi Gula Darah

Serat juga dapat membantu mengatur penyerapan gula darah, membantu menghindari lonjakan gula darah yang tiba-tiba setelah makan.

Mencegah Penyakit Usus Besar

Konsumsi serat yang cukup terkait dengan penurunan risiko penyakit usus besar, seperti kanker usus.

2. Sumber Energi

Karbohidrat adalah salah satu sumber utama energi bagi tubuh kita. Ada dua jenis karbohidrat: sederhana dan kompleks. Ketan hitam mengandung karbohidrat kompleks, yang memiliki beberapa manfaat:

Energi Tahan Lama

Karbohidrat kompleks dipecah lebih lambat dalam tubuh dibandingkan karbohidrat sederhana. Ini berarti bahwa energi yang dihasilkan dari karbohidrat kompleks dirilis secara bertahap, memberikan Anda rasa kenyang dan energi yang tahan lama.

Pertahankan Konsentrasi

Konsumsi karbohidrat kompleks, seperti yang terdapat dalam ketan hitam, dapat membantu menjaga konsentrasi dan fokus selama beraktivitas.

Dukungan Olahraga

Bagi mereka yang aktif secara fisik, karbohidrat kompleks membantu mengisi kembali cadangan glikogen di otot dan memberikan bahan bakar yang diperlukan selama aktivitas fisik.

Menghindari Lonjakan Gula Darah Karbohidrat kompleks cenderung memiliki indeks glikemik lebih rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis seperti karbohidrat sederhana.

BACA JUGA:Jarang Orang Tahu, Buah Rambutan Memiliki 5 Manfaat Penting Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

3. Kaya Antioksidan

Ketan hitam mengandung senyawa antioksidan, termasuk antosianin, yang memberikan warna gelap pada beras ini.

Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat kesehatan yang terkait dengan antioksidan dalam ketan hitam meliputi:

Perlindungan Sel dan Jaringan

Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis.

Pencegahan Peradangan

Antioksidan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

4. Pendukung Jantung

Ketan hitam juga dapat mendukung kesehatan jantung melalui beberapa cara:

Serat

Serat dalam ketan hitam membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung.

Antioksidan

Antioksidan dalam ketan hitam membantu menjaga kesehatan sel-sel pembuluh darah dan mengurangi risiko kerusakan oksidatif pada dinding arteri.

Kandungan Tanaman

Kandungan fitonutrien dalam ketan hitam dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dengan mendukung fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Ingin Anak Pintar? 7 Jenis Ikan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

5. Regulasi Gula Darah

Ketan hitam, yang merupakan sumber karbohidrat kompleks, dapat membantu mengatur penyerapan gula darah dalam tubuh. Ini berhubungan dengan efek serat pada metabolisme karbohidrat:

Pemrosesan Lambat

Karbohidrat kompleks dalam ketan hitam dipecah secara perlahan dalam pencernaan, sehingga merespons tubuh dengan peningkatan glukosa darah yang lebih lambat dan lebih stabil.

Penghindaran Lonjakan Gula Darah

Ini membantu mencegah lonjakan tajam dan penurunan tajam gula darah, yang dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber