Selain Covid-19, Inilah Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Dunia Dan Mematikan Sepanjang Sejarah

Selain Covid-19, Inilah Wabah Penyakit yang Pernah Menyerang Dunia Dan Mematikan Sepanjang Sejarah

Ilustrasi wabah penyakit yang pernah menyerang dunia --Pinterest

Banyak pengidapnya yang memiliki bekas luka permanen, terutama di wajah mereka. Bahkan dalam beberapa kasus, sampai menyebabkan kebutaan.

Untungnya berkat keberhasilan vaksin, cacar bisa diberantas di Amerika Serikat (AS). Di AS, wabah cacar terakhir terjadi pada tahun 1949.

4. HIV

Pada 1984, para ilmuwan mengidentifikasi human immunodeficiency virus atau HIV, sebagai virus yang menyebabkan AIDS. Di tahun yang sama, virus ini setidaknya menewaskan lebih dari 5.500 orang di AS. Mau tahu fakta HIV dalam angka?

Menurut catatan WHO, sejauh ini HIV telah merenggut lebih dari 32 juta jiwa. Di samping itu, sekitar 37,9 juta orang yang hidup dengan HIV pada akhir 2018. Sangat banyak, bukan?

BACA JUGA:Bukan Sekedar Seru-Seruan, Inilah 7 Lomba HUT RI yang Memiliki Makna dan Sejarah, Orang Indonesia Wajib Tau!

5. Ebola

Epidemi Ebola terjadi pada 2014 di Afrika Barat. Saat itu merupakan wabah Ebola terbesar yang pernah tercatat.

Pada Agustus 2014 hingga Maret 2016, setidaknya 30.000 orang terinfeksi virus ebola. Sekitar 11.000 orang meninggal di Afrika Barat. 

Akibat keganasan Ebola, WHO menetapkan penyakit ini sebagai Global Health Emergency, seperti swine flu atau flu babi pada 2009

6. Virus Zika

WHO menetapkan Zika sebagai Global Health Emergency pada 2016. Virus ini diperkirakan bisa menginfeksi 3 sampai 4 juta orang dalam waktu satu tahun.

Zika merupakan penyakit yang ditularkan dari nyamuk yang bisa menyebabkan cacat lahir seperti mikrosefali. Hingga saat ini, sekitar 86 negara telah melaporkan bukti infeksi Zika yang ditularkan oleh nyamuk.

7. Demam Kuning

Wabah penyakit mematikan dalam sejarah selanjutnya adalah demam kuning atau yellow fever. Demam kuning adalah penyakit virus yang biasanya berlangsung singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber