Indonesia Mampu Melewati Pandemi Covid-19

Indonesia Mampu Melewati Pandemi Covid-19

UPACARA - ASN anggota Korpri Kabupaten Pemalang mengikuti upacara Hari Korpri Nasional.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Keberhasilan Indonesia melewati pandemi Covid-19. Diakuii oleh pemerintah tidak lepas adanya peran besar dan kerja keras Aparat Sipil Negara (ASN). Hal itu terungkap dalam sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang Heriyanto dalam Upacara Hari Korpri Nasional ke-52 di halaman pendapa.

Sekda Heriyanto lebih lanjut menyampaikan, keberhasilan Indonesia melewati Pandemi Covid-19 dengan baik mendapatkan pujian dari khalayak internasional. Bahkan hingga program-programnya dengan melakukan terobosan yang terstruktur  telah berdampak positif ke masyarakat luas.

BACA JUGA:5 Calon Perangkat Ikuti Tes Komputer di Desa Kecepit Kabupaten Pemalang

"Indonesia berhasil melewati Pandemi Covid-19 itu, merupakan bagian dari kerja keras para ASN. Selain itu, peran aktif para ASN anggota Korpri dalam mengendalikan inflasi dan penanganan stunting juga sangatlah besar,"katanya.

Tidak hanya itu,  inflasi yang terus dapat dikendalikan dan stunting secara bertahap dapat diturunkan juga hasil sebagian kerja keras para ASN. Alhasil dari kerja kerasnya itu, angka stunting di Tahun 2024 diharapkan sudah sesuai target dapat mencapai 14 persen atau bahkan kurang dari itu.

BACA JUGA:Tas Penumpang Bus di Kabupaten Pemalang Ditemukan, Penumpang Bersyukur

Menurutnya,  dunia saat ini sudah digerakan oleh Artificial inteleigence, internet of thing, big data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik. Sehingga, tidak bisa menggerakan pemerintahan dengan cara-cara lama. 

"Sehingga harus menyelesaikan masalah yang ada dengan pendekatan yang paling update,"ujarnya .

Dalam sambutannya Zudan  meminta Korpri agar mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu, semua negara maju sudah menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi. 

BACA JUGA:Petani di Kabupaten Tegal Kapok Tanam Kedelai

Oleh karena itu, pihaknya minta para pengurus Korpri yang rata-rata adalah para Sekjen, Sesmen, 

Sekda dapat menerapkan meritokrasi dalam birokrasi. Hal ini sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik. 

"Maka meritokrasi harus berbasis pada kompetensi, kualifikasi dan kinerja yang diberlakukan secara adil, wajar, transparan dan tanpa diskriminasi,"tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: