Jarang Yang Tahu, Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Jarang Yang Tahu, Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kacang hijau--by.Stikes Banyuwangi

Serat juga berperan sebagai prebiotik dalam saluran cerna. Nutrisi ini adalah sumber makanan bagi bakteri baik di usus, sehingga pertumbuhan dan fungsi bakteri tersebut akan selalu terjaga. Hasilnya, pencernaan menjadi lebih sehat dan terlindungi dari gangguan pencernaan.

4. Mengontrol kadar gula darah

Asupan serat yang cukup untuk bisa mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan di kemudian hari, termasuk diabetes. Seperti yang telah dijelaskan, tubuh tidak dapat menyerap serat sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah konsumsi makanan yang kaya serat.

5. Memiliki Antioksidan yang tinggi

Mengonsumsi puding kacang hijau yang banyak mengandung antioksidan termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic,asam sinamat dan masih banyak lagi kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk membantu melindungi tubuh kami dari radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit kronis.

6. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Kacang hijau dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kacang ini mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik. Penelitian telah mengaitkan tiap-tiap nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah. 

Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

BACA JUGA: Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Karena kandungan serat dan folat dalam kacang-kacangan, mengonsumsinya secara rutin telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. 

Magnesium dalam kacang hijau mungkin juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Serat dalam kacang hijau juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, bahkan meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

8. Mengandung Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil

Kacang hijau kaya akan folat, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Folat memproduksi sel darah merah dalam tubuh manusia yang berperan dalam mengembangkan sistem saraf embrio. Nutrisi folat yang cukup mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.

9. Memperkuat Tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by. yankes.kemkes.go.id