Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaannya dengan Jahe Biasa?

Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaannya dengan Jahe Biasa?

Manfaat Jahe Merah --by.bukalapak

Khasiat ini terjadi berkat kandungan gingerdion dan gingerol di dalam tanaman herbal. Kandungan tersebut bekerja dengan menekan prostaglandin. Ini merupakan senyawa yang berfungsi merangsang kontraksi otot rahim. 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung 

Di dalam jahe merah terdapat asam alfa-linolenat yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Senyawa itu bekerja dengan membantu menjaga detak jantung. Selain itu, nutrisi tersebut juga menurunkan potensi pembekuan darah.

5. Menjaga kesuburan 

Manfaat ini terjadi berkat kandungan arginin. Nutrisi tersebut membantu tubuh memproduksi nitrat oksida yang mampu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium. Nutrisi tersebut mampu meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur. 

Cara kerjanya dengan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan begitu, area organ intim mendapatkan nutrisi dan oksigen guna mematangkan sel telur. Ketika makan di restoran jepang, jahe merah kerap dihidangkan sebagai lauk pendamping.

BACA JUGA: Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh 

6. Menghilangkan mikroba dan jamur

Studi Zingiber officinale var. rubrum: Red Ginger's medicinal uses yang diterbitkan oleh Molecules menyebutkan, jahe merah mempunyai efek antimikroba dan antijamur. 

Studi lebih lanjut dilakukan untuk mengevaluasi mekanisme molekuler yang terlibat dalam resistensi bakteri dan jamur.  Hasilnya, terdapat aktivitas antibakteri pada jahe merah terhadap bakteri gram-positif dan gram-negatif. 

Studi ini menemukan bahwa jahe merah menunjukkan aktivitas ampuh dalam menghambat pertumbuhan dan membunuh Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, dan Bacillus subtilis. 

Sementara kandungan minyak rimpangnya cukup aktif untuk membunuh Bacillus licheniformis, Bacillus spizizenii, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli.

7. Menurunkan berat badan 

Kegunaannya bisa menurunkan berat badan yang didukung oleh kandungan capsaicin. Nutrisi tersebut bekerja dengan meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan keinginan untuk makan berlebihan.

Sederhananya, capsaicin bisa menekan nafsu makan. Jika dilakukan secara rutin, tanaman herbal ini dapat memicu penurunan asupan kalori, yang berdampak pada menurunnya berat badan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.halodoc.com