Peluang Usaha di Bulan Agustus, Pelaku Usaha Ini Raup Keuntungan

Peluang Usaha di Bulan Agustus, Pelaku Usaha Ini Raup Keuntungan

MENINGKAT- Berkah menjelang peringatan HUT RI ke 78 dirasakan juga oleh penjahit yang menerima banyak pesanan bendera maupun aksesoris lain. -Teguh Supriyanto-Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG - Setelah disibukkan dengan banyaknya pesanan seragam sekolah beberapa waktu lalu, para pelaku usaha jahit saat ini kembali disibukan dengan datangnya moment peringatan HUT RI di bulan Agustus mendatang.

Hal itu sebagaimana yang dirasakan oleh beberapa penjahit di wilayah Desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan dengan mulai mengalihkan usaha mereka dengan membuat pernak-pernik HUT RI.

"Lumayan mas, mula dari bendera berbagai ukuran, hingga backdrop  maupun hiasan lain berbahan kain. Selain untuk pribadi, rata-rata juga digunakan untuk menghias lingkungan," ungkap Heru Setiawan, 39, salah satu penjahit, Kamis (27/7).

Diakui Heru, saat masa pandemi Covid-19 tahun lalu, dirinya merasakan imbas dengan ditiadakannya kegiatan yang melibatkan masyarakat. Sehingga berdampak ada pendapatan, sebagai penjahit.

"Alhamdulillah, sekarang kegiatan sudah bisa kembali normal. Termasuk juga peringatan HUT RI, sehingga kami kembali menerima pesanan," urainya.

Dikatakan Heru, meski saat ini sudah banyak pedagang dadakan yang menjual bendera maupun aksesoris peringatan HUT RI di pinggir-pinggir jalan, namun banyak warga yang datang memesan langsung untuk dibuatkan sesuai pesanan.

"Kebanyak dari panitia lingkungan, instansi perkantoran dan juga warga secara pribadi. Alasannya mereka bisa memilih bahan yang digunakan, selain itu juga menentukan modelnya sendiri," kata Heru.

Pada tahun sebelumnya, pemerintah memberikan himbauan untuk memeriahkan suasana HUT kemerdekaan, dengan memasang umbul-umbul, dekorasi, atau hiasan lainnya.

"Kebetulan dapat tugas dari lingkungan untuk membuat hiasan yang akan dipasang di gapura pintu masuk desa. Kalau pesanan bisa menyesuaikan ukuran dan bahan, sehingga bisa dipakai lagi tahun depan," kata Husein, warga Bumiayu.

Dia berharap, peringatan HUT RI ke 78 tahun bisa berlangsung lebih meriah dibandingkan sebelumnya. Sehingga semangat mengisi kemerdekaan tetap ada ditengah masyarakat. "Di desa kami sudah merencanakan beberapa kegiatan, termasuk juga menghias lingkungan. Semoga kali ini bisa lebih meriah," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: