DLH Kabupaten Tegal Gandeng Akademisi, Petakan Kawasan Hutan

DLH Kabupaten Tegal Gandeng Akademisi,  Petakan Kawasan Hutan

Dinas Lingkungan Hidup bersama mahasiswa Fakultas Geografi UMS menjalin kerjasama pemetaan kawasan yang diusulkan menjadi kawasan nonm hutan.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

"Kegiatan pemetaan tersebut dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Geografi UMS melalui kerjasama selama 5 bulan dari bulan Agustus hingga Desember 2023 mendatang," ungkapnya.

 

Sebelumnya Dinas lingkungan hidup berkerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata berencana membangun taman keanekaragaman hayati di sekitar waduk Cacaban yang berlokasi di Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng

 

"Taman keanekaragaman hayati bertujuan untuk memelihara keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, serta untuk mendukung konservasi spesies yang terancam punah. Taman keanekaragaman hayati juga menjadi tempat penelitian bagi para ilmuwan dan sarana edukasi bagi masyarakat untuk lebih memahami pentingnya keanekaragaman hayati dan menjaga lingkungan," terangnya.

 

Selain nantinya berfungsi sebagai tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis flora dan fauna Kabupaten Tegal, di area ini juga akan dikembangkan berbagai jenis tanaman langka dan binatang serta tempat pembibitan tanaman guna mensuplai kebutuhan tanaman untuk kegiatan penghijauan di wilayah Kabupaten Tegal.

 

"Pemilihan lokasi di sekitar waduk Cacaban didasari pada keberadaan lahan milik Pemda yang selama ini tidak dimanfaatkan sehingga sangat rawan terhadap pemanfaatan aset oleh pihak yang tidak berwenang. Juga untuk konservasi daerah Waduk Cacaban yang saat ini dalam status kritis," tegasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id