Tindaklanjuti DLH, KSM Bandeng Sari Kota Tegal Jaga TPST Tetap Bersih Selama Lebaran

Tindaklanjuti DLH, KSM Bandeng Sari Kota Tegal Jaga TPST Tetap Bersih Selama Lebaran

MONITORING - Ketua KSM Bandeng Sari Imam Mahrudi saat melakukan monitoring di TPST Kelurahan Tegalsari.Foto: Meiwan Dani R/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bandeng Sari, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Menjaga Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) agar tetap bersih dari tumpukan Sampah selama lebaran. Sehingga tidak sampai melebar hingga ke jalan protokol. Hal itu sesuai dengan arahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam penanganan Sampah lebaran.

"TPST tersebut milik kita bersama terutama warga Kelurahan Tegalsari.  Sehingga semua warga sudah diminta untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan.Serta membuang sampah ditempatnya," kata Ketua KSM Bandeng Sari Imam Mahrudi, Senin (16/4/2024).

BACA JUGA:Paparkan Strategi Pasir Berbisik di Sakila Kerti, Inovasi Dinas Lingkungan Hidup Atasi Sampah di Kota Tegal

Imam mengungkapkan, KSM sudah melakukan perubahan dalam pengelolaan TPST dengan melibatkan petugas kebersihan. Sehingga TPST selalu bersih dan enak ketika dilihat. Untuk tahun 2024, sesuai arahan dari DLH tentang tim monitoring sampah agar tidak menumpuk. KSM Bandeng Sari berusaha membersihkan sampah di area TPST. Sekaligus memberikan imbauan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. 

"Tahun ini terlaksana, warga semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat, terutama petugasnya, sehingga TPST selalu bersih," ujarnya.

BACA JUGA:Ratusan Peserta Meriahkan Halal bi Halal Alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal Angkatan 2002

Hal Senada di Sampaikan Kepala DLH Kota Tegal Nany Lestari bahwa pihaknya sudah membentuk tim monitoring bersih dari sampah. Yang melakukan pemantauan di sejumlah TPST di Kota Tegal. Terutama TPST yang berada di jalan protokol. Supaya tidak ada penumpukan sampah bahkan sampai melebar ke jalan. Hasil pemantauan tersebut dilaporkan ke grub monitoring.

"Monitoring tetap dilakukan, meskipun cuti bersama, tetap bertugas meskipun lebaran. Bahkan kami sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait hal tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: