Berapa Banyak Tubuh Kita Memerlukan Air Putih? Ini Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih dalam Satu Hari

Berapa Banyak Tubuh Kita Memerlukan Air Putih? Ini Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih dalam Satu Hari

Manfaat air putih--

DISWAYJATENG.ID - Tubuh manusia 50% terdiri dari air. Oleh karena itu tubuh manusia sangat bergantung pada cairan untuk tetap menjaga kesehatannya, sehingga manusia butuh minum air putih dalam jumlah yang cukup. Namun mungkin banyak yang bertanya-tanya berapa banyak sih kebutuhan air putih yang harus dipenuhi setiap harinya? Simak artikel berikut ini

 

Apa pentingnya minum air putih setiap hari? 

 

Air merupakan bagian penting untuk kehidupan, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih cepat mati dibandingkan tanpa makanan. Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Keseimbangan suhu tubuh akan sangat tergantung pada air, karena air merupakan pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi-sendi , tulang, dan otot.

Mengkonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar. Sebaliknya, kurang air dapat menyebabkan konstipasi, infeksi saluran urin, terbentuknya batu ginjal, kelelahan, dan masalah-masalah seputar kulit, rambut, dan kuku.

Manfaat minum air putih untuk tubuh :

1. Menyehatkan pencernaan dalam tubuh

Air putih dapat melancarkan pencernaan dan meringankan masalah seperti kembung dan sembelit

2. Meningkatkan daya ingat otak

Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

4. untuk perawatan kulit

 Mengkonsumsi air putih membuat kulit bebas dari noda, lebih lembab, kenyal, dan lebih bercahaya

5. Menjaga kesehatan tulang

Air putih memiliki kandungan kalsium, air putih sangat baik dikonsumsi setiap hari

6. Menjaga tekanan darah

Air putih dapat membantu seseorang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi

7. Menghindari penyakit jantung

Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membantu membuka jalur yang tersumbat dalam peredaran darah

8. Mengatur lemak tubuh

 Mengkonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh

Ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan. Dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat.

Berpa banyak tubuh kita memerlukan Air Putih dalam satu hari? 

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Tips memenuhi kebutuhan air putih dalam satu hari :

1. Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan

2. Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

3. Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

4. Ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.

 

(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: