Sajian Istimewa: Resep Biryani Daging Kurban dengan Aroma dan Rasa yang Menggugah Selera Khas Timur Tengah

Sajian Istimewa: Resep Biryani Daging Kurban dengan Aroma dan Rasa yang Menggugah Selera Khas Timur Tengah

DiswayJateng.id- Biryani daging kurban adalah hidangan khas Timur Tengah yang terkenal dengan kelezatan dan keharumannya. Perpaduan antara daging sapi lembut--Istimewa

DiswayJateng.id- Biryani daging kurban adalah hidangan khas Timur Tengah yang terkenal dengan kelezatan dan keharumannya. Perpaduan antara daging sapi lembut, nasi aromatik, dan beragam rempah-rempah membuat biryani menjadi sajian istimewa yang tidak dapat dilewatkan.

Resep Biryani Daging Kurban

Dalam momen kurban, biryani daging kurban menjadi salah satu pilihan yang sempurna untuk memanjakan lidah keluarga dan tamu Anda. Berikut ini adalah resep biryani daging kurban yang akan memukau selera Anda.

BACA JUGA:Aroma Menggoda: Resep Gulai Kambing Kurban yang Kaya Rempah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat biryani daging kurban ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan. Anda akan membutuhkan:

  1. 500 gram daging sapi kurban, potong menjadi potongan kecil
  2. 3 gelas nasi basmati
  3. 1 buah bawang bombay, iris tipis
  4. 4 siung bawang putih, cincang halus
  5. 2 cm jahe, parut
  6. 2 cm lengkuas, memarkan
  7. 4 batang serai, memarkan
  8. 4 lembar daun salam
  9. 4 lembar daun jeruk
  10. 1 sendok teh jintan
  11. 1 sendok teh bubuk kunyit
  12. 1 sendok teh bubuk ketumbar
  13. 1/2 sendok teh merica bubuk
  14. 1/2 sendok teh bubuk cabe
  15. 1/2 sendok teh bubuk kayu manis
  16. 1/2 sendok teh bubuk cengkeh
  17. 1/2 sendok teh bubuk pala
  18. Minyak goreng secukupnya
  19. Garam secukupnya

Langkah pertama dalam membuat biryani daging kurban adalah menyiapkan bumbu marinasi. Campurkan jahe parut, lengkuas memarkan, serai memarkan, daun salam, daun jeruk, jintan, bubuk kunyit, bubuk ketumbar, merica bubuk, bubuk cabe, bubuk kayu manis, bubuk cengkeh, dan bubuk pala.

BACA JUGA:Sensasi Pedas dan Gurih: Resep Sate Kambing Kurban dengan Bumbu Kacang Spesial

Aduk rata dan tambahkan garam secukupnya. Lumuri potongan daging sapi dengan bumbu marinasi ini dan diamkan selama minimal 30 menit agar rempah-rempah meresap.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang bombay hingga harum dan berwarna kecokelatan. Tambahkan bawang putih cincang dan tumis hingga harum.

Masukkan potongan daging sapi beserta bumbu marinasi ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga daging berubah warna dan matang merata.

Sementara itu, rendam nasi basmati dalam air selama 30 menit. Setelah itu, tiriskan nasi dan kukus hingga matang. Fluff nasi dengan garpu agar butir-butirnya terpisah.

Ambil wajan yang lebih besar, panaskan minyak goreng dan letakkan lapisan pertama nasi basmati di dasar wajan. Kemudian, tambahkan lapisan daging sapi yang telah dimasak. Ulangi proses ini hingga nasi dan daging habis.

BACA JUGA:Kelezatan Tradisional: Resep Tongseng Kambing Kurban yang Nikmat

Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan, tutup rapat, dan masak dalam api kecil selama sekitar 30-40 menit atau sampai nasi matang dan beraroma harum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber