7 Wisata Kuliner Legendaris Semarang yang Wajib Dikunjungi

7 Wisata Kuliner Legendaris Semarang yang Wajib Dikunjungi

Kuliner legendaris Semarang--

DISWAYJATENG.ID Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Semarang juga merupakan kota yang memiliki destinasi wisata yang menarik. Namun tak hanya tempat-tempat yang menjadi daya tarik wisatawan, semarang juga memiliki kuliner yang sangat menarik perhatian masyarat. 

 

Tak sedikit wisata kuliner Semarang yang sudah berusia puluhan tahun. Menikmati wisata kuliner Semarang pastinya jadi lebih istimewa karena kekhasannya. Wisata kuliner Semarang bisa ditemukan siang maupun malam.

 

Bila kamu sedang berada di Kota Semarang, tak lengkap jika tidak menelusuri kuliner Semarang, berikut tempat wisata kuliner legendaris yang wajib kalian kunjungi Semarang.

1. Lumpia Gang Lombok

Wisata kuliner Semarang sangat terkenal dengan lumpianya. Lumpia Gang Lombok salah satu toko lumpia yang cukup legendaris. Isian lumpia yang dijual di toko Loenpia Gang Lombok tidak hanya rebung, tapi ada udang dan ayam. Lumpia di sini bisa bertahan 3 hari untuk varian goreng, dan 1 hari untuk lumpia basah. Apabila ingin ke Loenpia Gang Lombok, Anda bisa menuju ke Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah.

2. Pasar Semawis

Kawasan Pasar Semawis merupakan kawasan pecinan Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Pasar Semawis berlokasi di Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah. Di Pasar Semawis pengunjung dapat menemukan pasar malam yaong menjual berbagai jenis kuliner serta oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini hadir tiap akhir pekan (jumat, sabtu, dan minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB. Di wisata Semarang malam hari ini Anda dapat menemukan makanan khas Tioghoa dan makanan lainnya.

3. Kuliner Simpang Lima Semarang

Simpang Lima termasuk satu jantung Kota Semarang ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain dijadikan tempat berkumpulnya kawula muda, tempat ini juga menjadi pusat kuliner khas Semarang. Beragam jenis kuliner khas Semarang mudah ditemukan di sekitaran Simpang Lima. Tak hanya menyajikan kuliner khas daerahnya, warung-warung di Simpang Lima juga menawarkan beragam jenis kuliner khas nusantara yang lezat dan menggugah selera.

4. Toko Oen

Toko Oen Semarang buka sejak 1936. Restoran yang ada di Jalan Pemuda Nomor 52 ini menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa, dan Tionghoa.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, dan aneka es krim.

5. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik ada di kawasan Pecinan, tepatnya depan Rumah Sakit Telogorejo, serta kawasan Simpang Lima. Awal mula nama es puter Cong Lik adalah singkatan dari Kacung Cilik atau pembantu kecil. Es puter ini juga disebut dengan es dung dung, sebab bahan yang digunakan juga sama yaitu dengan santan sebagai pengganti susu.

6. Babat Gongso Pak Karmin

Babat gongso adalah kuliner Semarang yang dibuat dari babat dan jeroan seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut diolah dengan campuran bumbu kecap dan cabai rawit. Babat Gongso Pak Karmin adalah salah satu warung babat gongso yang terkenal karena kelezatannya. Wisata kuliner Semarang ini berdiri sejak tahun 1971. Apabila ingin berkunjung, Anda bisa menuju ke kawasan Jembatan Mberok, Kota Lama Semarang. Tepatnya di Jl. Pemuda, persis di pinggir Kali Semarang.

7. Bakmi Jawa Pak Ateng

Kalai ingin mencicipi bakmi khas Jawa, cobalah ke kedai Bakmi Jawa Pak Ateng. Nikmati seporsi bakmi Jawa yang menggugah selera. Makanan yang terdiri dari mi, telur, suiran ayam kampung, dan sayuran ini dimasak menggunakan tungku arang. Kedai Bakmi Jawa Pak Ateng berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul, Semarang Tengah, Jawa Tengah.

Bagaimana tertarik dengan wisata kuliner semarang diatas?, silakan kalian bisa mengunjunginya bila datang ke kota semarang dan nikmati kelezatannya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: semarang