Orang Tua Perlu Waspada, Kasus Diabetes Pada Anak Terus meningkat, Inilah penyebabnya

Orang Tua Perlu Waspada, Kasus Diabetes Pada Anak Terus meningkat, Inilah penyebabnya

Penyebab diabetes pada anak--by.infanion

2. Genetik atau keturunan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya faktor utama DM-1 merupakan faktor genetik. Beberapa gen seperti HLA-DR3 atau HLA-DR4 adalah gen yang biasanya mengkaitkannya dengan penyakit autoimun yang menyebabkan diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang berpotensi untuk diturunkan. Dan jika orang tua atau saudara kandung mengidap mengidap penyakit diabetes baik DM tipe-1 atau DM tipe-2, maka akan berisiko tinggi untuk menurunkan penyakit ini kepada anak. 

Perlu dicatat pula bahwa diabetes tipe-2 memiliki potensi lebih kuat untuk diturunkan.

BACA JUGA: Jika Anda Alami Hal Ini, Hati-Hati Gejala Gula Darah Tinggi! Waspada

3. Ras

Di Amerika Serikat diabetes tipe 1 ini umumnya menyerang pada anak dengan ras kulit putih. Hal ini pula terkait dengan faktor sebelumnya, adalah genetik. 

Ada pula dari penelitian lain yang menyebutkan bahwa orang Jepang, yang merupakan ras Asia, mempunyai gen HLA-DR9 yang juga memiliki risiko untuk terkena penyakit diabetes.

4. Infeksi virus

Terinfeksi oleh beberapa virus tertentu ini bisa memicu kerusakan autoimun pada sel islet, yang mengakibatkan kurangnya produksi insulin. 

5. Obesitas

Anak yang obesitas mempunyai risiko terkena DM tipe-2 yang lebih tinggi. karena, jaringan lemak yang terdapat di antara otot dan pada sekitar perut cenderung menyebabkan resistensi insulin.

6. Pola makan yang keliru

Anak biasanya suka sekali makanan atau minuman yang manis. bila konsumsi makanan manis tidak terkontrol, maka anak ini berpotensi terkena DM tipe-2.  Selain makanan manis, mengkonsumsi daging merah atau daging olahan juga bisa memicu diabetes.

7. Kurang aktivitas fisik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.hallodoc