Jika Anda Alami Hal Ini, Hati-Hati Gejala Gula Darah Tinggi! Waspada

Jika Anda Alami Hal Ini, Hati-Hati Gejala Gula Darah Tinggi! Waspada

Gula darah tinggi memiliki beberapa gejala yang harus anda ketahui--

DISWAYJATENG – Gejala gula darah tinggi harus selalu kita waspadai agar dapat melakukan langkah-langkah selanjutnya. Gejala ini muncul ketika terlalu banyak glukosa dalam darah karena tubuh tidak cukup menghasilkan insulin.

Jika anda biarkan, kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan pada oragan tubuh seperti saraf, mata, ginjal dan pembuluh darah. Gejala gula darah tinggi dapat terjadi pada siapa saja.

Tetapi kondisi seperti ini lebih umum terjadi pada penderita diabetes. Selain itu juga sering pada penderita obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi , stroke dan serta serangan jantung infeksi parah.

Gejala Gula Gula Darah Tinggi

Seseorang mengalami hiperglikemia jika kadar gula darah puasa lebih dari 125 mg/dL. Gejala ini cenderung berkembang secara perlahan selama beberapaa hari hingga minggu.

Terkadang juga tidak ada gejala yang timbul samapai kadar gula darah sangat tinggi. Jadi anda tetap perlu waspada terutama jika anda termasuk dalam kelompok yang berisiko mengalaminya.

Berikut beberapa gejala gula darah tinggi yang perlu anda ketahui:

1.    Sering Haus

Gejala yang pertama adalah sering haus meskipun sudah banyak minum air. Pada saat glukosa menumpuk dalam darah, ginjal akan terpaksa bekerja lebih keras dalam menyaring kelebihan glukosa. Glukosa yang berlebihan tersebut kemudian terbuang melalui urine, sehingga tubuh kehilangan banyak cairan. Rasa haus yang timbul adalah upaya alami tubuh untuk mengganti cairan yang hilang.

2.    Sakit Kepala

Jika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada yang anda konsumsi, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi in justru akan memperparah dan membuat gula darah semakin tinggi. Hal ini karena tubuh menghasilkan lebih sedikit urine saat dehidrasi, sehingga glukosa yang terbuang juga sedikit. Dehidrasi yang tidak tertangani akan menimbulkan berbagai keluhan seperti sakit kepala, pusing, mual bahkan hingga pingsan.

3.    Sering buang air kecil

Saat rasa haus menyerang, anda akan minum lebih banyak air. Makin banyak cairan yang masuk ke tubuh, makin banyak pula cairan yang terbuang melalui urine. Anda akan menjadi sering buang air kecil. Peningkatan volume cairan tubuh tidak hanya berasal dari air yang anda minum, tetapi njugan karena glukosa mengikat lebih banyak cairan.

4.    Sering Lapar

Sering lapar juga bisa menjadi gejala gula darah anda menjadi tigi. Rasa lapar muncul karena tubuh kekurangan energy. Namun, makan dalam jumlah yang banyak justru akan membuat kadar gula darah menjadi lebih tinggi.

5.    Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan gejala yang umum terjadi. Saat kekurangan insulin, tubuh tidak mampu menggunakan gukosa sebagai bahan bakar energy. Akibatnya, anda akan merasa mudah lelah dan mengantuk. Dehidrasi juga turut berperan sebagai penyebab kelelahan.

6.    Penglihatan Kabur

Penglihatan kabur dapat menjadi gejala gula darah tinggi. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan lensa dalam mata membengkak, sehingga penglihatan tidak bisa focus. Penglihatan yang buram juga karena rusaknya pembuluh darah dan saraf pada mata akibat gula darah tinggi.

7.    Sering Jamuran

Gula darah tinggi dapat menyebabkan gangguan pada respon kekebalan tubuh, sehingga tubuh sering mengalami jamuran. Infeksi dapat terjadi pada area lipat tubuh maupun yang sering berkeringat dan lembab. Seperti pada antara jemari, telapak kaki, lipatan payudara atau sekitar kelamin. Infeksi juga dapat menyerang saluran kemih atau saluran pernafasan.

8.    Nyeri Kaki

Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan saraf pada seluruh tubuh mengalami kerusakan dalam jangka panjang. Kondisi ini dokter sebut sebagai neuropati diabetic. Meski dapat terjadi pada saraf bagian tubuh manapun, saraf kaki adalah area yang sering terkena. Karena memompa darah dari kai ke jantung lebih sulit daripada dari bagian tubuh lainnya. Gejalanya biasanya seperti kaki kesemutn, nyeri atau mati rasa.

BACA JUGA:Gula Darah Tinggi, Lakukan Cara Alami Ini Dijamin Langsung Normal

Itulah beberapa gejala kadar gula darah anda tinggi atau meningkat. Salam sehat selalu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: