Gula Darah Tinggi, Lakukan Cara Alami Ini Dijamin Langsung Normal

Gula Darah Tinggi, Lakukan Cara Alami Ini Dijamin Langsung Normal

--

DISWAYJATENG – Gula darah yang tinggi akan sangat menyiksa dan menyulitkan si penderita. Penderita tidak dapat melakukan aktivitas seperti pada umumnya.

Banyak cara menurunkan gula darah secara alami yang dapat anda lakukan. Cara ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah sekaligus mendukung pengobatan medis bagi penderita diabetes.

Kunci utama untuk mengontrol kadara gula darah agar tetap normal adalah menjalani daya hidup sehat. Yakni dengan berolahraga dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Hal ini berlaku tidak hanya bagi penderita diabetes, tetapi juga penting anda terapkan orang sehat.

Cara Alami Menurunkan gula Darah Tinggi

Banyak factor yang bisa menyebabkan gula darah tinggi. Kondisi ini yang dapat memicu diabetes atau perburukan kondisi bagi diabetes. Berikut ini beberapa cara menurunkan gula darah secara alami yang bisa anda coba lakukan:

1.    Rutin Memantau Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi umumnya tidak akan menimbulkan gejala hingga nilainya lebih dari 200 mg/dL. Untuk itu, rutin memantau kadar gula darah bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah yang efektf. Ketika hasil pengukuran menunjukkan angka tidak normal atau terlalu tinggi, anda akan segera menyadarinya. Jadi anda dapat langsung melakukan langkah penanganan untuk membuat kadarnya kembali normal.

2.    Perbanyak makan serat

Serat adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Saat anda mengonsumsi serat, maka penyerapan karbohidrat dan gula pada tubuh akan menjadi lebih lambat. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko terjadinya diabetes.

Jenis makanan tinggi serat antara alain:

a.    Sayur

b.    Buah

c.     Kacang-kacangan

d.    Gandum

3.    Cukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi gula darah tinggi yang paling sederhana. Saat cairan tubuh terpenuhi, kelebihan gula yang ada pada ginjal akan mampu terbuang melalui urine. Selain itu cairan tubuh yang cukup juga dapat membantu sirkulasi darah dan mengurangi risiko diabetes. Perlu anda ingat, cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh adalah air mineral dan minuman tanpa gula.

4.    Batasi Asupan Karbohidrat

Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula termasuk glukosa secara alami. Kemudian insulin akan membawa gula ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi.

Jika terlalu banyak karbohidrat, proses tersebut akan terganggu. Maka kadar gula darah akan meningkat. Mengurangi asupan karbohidrat bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi yang sangat efektif. Anda dapat mengatur pola makan dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah. Atau anda juga dapat mengurangi makan roti, gorengan, maupun makanan lain yang berbahan dasar tepung.

5.    Olahraga Teratur

Olahraga dapat meningkatkan kadar hormone insulin pada tubuh. Hal ini bisa membuat sel-sel dalam tubuh memanfaatkan gula yang terdapat dalam aliran darah dengan lebih efektif.

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, olahraga pun dapat membantu otot untuk menggunakan gula dalam darah sebagi sumber energi. Jenis olahraga yang bisa anda coba antara lain lari, jalan cepat, bersepeda serta berenang.

6.    Konsumsi Ikan

Ikan tidak mengandung karbohidrat, sehingga kandungn gulanya pun hampir tidak ada. Mengonsumsinya dua kali seminggu bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi secara alami. Jenis ikan salmon, tuna dan makarel memiliki kandungan lemak omega-3 yang bisa mencegah diabetes dan penyakit jantung. Hindari jenis ikan yang mengandung merkuri dan penggunaan minyak terlalu banyak saat mengolahnya.

7.    Konsumsi Makanan Tinggi Kromium dan Magnesium

Meski sering luput dari perhatian, makanan kaya kromium dan magnesium juga sangat baik untuk penderita diabetes. Kekurangan dua mineral in sering kita kaitkan dengan tingginya kadara gula darah hingga risiko diabetes. Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan kromium dan magnesium:

a.    Produk gandum

b.    Daging

c.     Sayur

d.    Ikan

e.    Labu

f.     Pisang

g.    Alpukat

h.    Kacang-kacangan

BACA JUGA:Beginilah Langkah-Langkah Agar Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

Itulah beberapa cara yang dapat anda coba lakukan untuk menurunkan kadar gula darah secara alami. Mudah sekali bukan? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: