Beginilah Langkah-Langkah Agar Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

Beginilah Langkah-Langkah Agar Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

cara menghindari penyakit asam lambung--

DISWAYJATENG.ID - Cairan yang diproduksi oleh kelenjar asam lambung di dinding perut berperan dalam pencernaan makanan dengan cara menghancurkan dan melarutkan nutrisi. Namun, apabila jumlah produksinya berlebih atau naik ke kerongkongan, maka dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan seperti sakit maag, tukak lambung ataupun GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Berikut adalah sepuluh cara untuk menghindari penyakit asam lambung

1. Hindari Makanan Pedas

Cara menghindari penyakit asam lambung yang pertama yakni dengan menghindari makanan pedas. Sebab makanan pedas dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Hindarilah makanan pedas, seperti cabai, karena dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan gejala asam lambung.

2. Perhatikan Pola Makan

Selanjutnya perhatikan juga pola makan anda. Makan dalam porsi kecil tetapi sering lebih baik daripada makan dalam porsi besar. Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu karena dapat meningkatkan tekanan pada sfingter esofagus bawah dan menyebabkan refluks asam lambung.

3. Hindari Makanan Asam

Hindari juga makanan asam, karena makanan yang tinggi asam, seperti tomat, jeruk, dan minuman berkafein, dapat meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung. Kurangi konsumsi makanan yang asam dan pilihlah makanan yang lebih netral pH-nya.

4. Kurangi Konsumsi Alkohol

Lalu kurangi mengonsumsi alkohol, Alkohol dapat merangsang produksi asam lambung dan mengiritasi lapisan lambung. Hindari atau kurangi konsumsi alkohol untuk mengurangi risiko penyakit asam lambung.

5. Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Hindari makanan berlemak tinggi, terutama makanan berlemak jenuh, dapat memperlambat proses pencernaan dan memicu refluks asam lambung. Pilihlah makanan rendah lemak dan seimbangkan asupan lemak Anda.

6. Jaga Berat Badan yang Sehat

Jaga berat badan juga penting sebab jika kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung. Jaga berat badan yang sehat dengan menjaga pola makan yang seimbang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

7. Hindari Merokok

Cara berikutnya hindari merokok, sebab merokok dapat mengurangi fungsi sfingter esofagus bawah dan meningkatkan risiko refluks asam lambung. Berhenti merokok untuk mengurangi risiko penyakit asam lambung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

8. Hindari Makan Sebelum Tidur

Selanjutnya hindari juga makan atau minum sebelum tidur atau berbaring. Memberikan waktu yang cukup bagi lambung untuk mencerna makanan sebelum tidur dapat membantu mencegah gejala asam lambung.

9. Kenakan Pakaian yang Longgar

Jika bisa kenakan pakaian-pakaian yang longgar, terutama di sekitar perut, untuk mengurangi tekanan pada lambung. Pakaian yang ketat dapat menekan perut dan memicu refluks asam lambung.

10. Kelola Stres

Cara yang terakhir kelola Stres. Sebab stres dapat mempengaruhi produksi asam lambung dan memperburuk gejala asam lambung. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti dengan meditasi, yoga, atau kegiatan relaksasi lainnya, guna membantu menjaga keseimbangan asam lambung.

Anda dapat membantu menghindari penyakit asam lambung dan menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah diatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: