Orang Tua Perlu Waspada, Kasus Diabetes Pada Anak Terus meningkat, Inilah penyebabnya

Orang Tua Perlu Waspada, Kasus Diabetes Pada Anak Terus meningkat, Inilah penyebabnya

Penyebab diabetes pada anak--by.infanion

DISWAYJATENG.IDOrang Tua Perlu Waspada, Kasus Diabetes Pada Anak Terus meningkat, Inilah penyebabnya. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus Diabetes pada anak saat ini semakin meningkat hingga 70 kali lipat sejak 2010.  

Peningkatkan ini diduga penyebabnya karena aktivitas anak yang kini bergantung pada penggunaan gadget, sehingga tidak melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan.

Selain itu, ada pula faktor pemicu umum lainnya. Seperti mengkonsumsi makanan dan minuman manis yang begitu mudah didapatkan oleh anak. 

Sementara itu belum ada kebijakan resmi dari pemerintahan yang membatasi konsumsi gula pada anak. Meihat fenomena seperti itu, Anda mau tahu lebih jauh mengenai penyebab diabetes pada anak? Inilah ulasannya. 

BACA JUGA: Makanan Khas Tegal Terpopuler, Nomor 2 ini Paling Sedep dan Nikmat

Orang Tua Perlu Waspada, Kasus Diabetes Pada Anak Terus meningkat, Inilah penyebabnya

Berbagai Penyebab Diabetes pada Anak

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang menyerang metabolisme pada anak dan bersifat kronis. Dan penyakit ini bisa berpotensi mengganggu tumbuh kembang anak. 

Ada dua tipe diabetes yang paling sering bisa kita temui yaitu DM tipe-1 dan DM tipe-2. DM tipe-1 ini utama penyebabnya karena faktor genetik dan autoimun, sedangkan DM tipe-2 ini penyebab utamanya yaitu oleh gaya hidup tidak sehat dan obesitas. 

Dan umumnya diabetes yang menyerang pada anak adalah DM tipe-1. tetapi, tidak menutup kemungkinan anak juga bisa terserang diabetes tipe-2. Dan berikut merupakan penyebab diabetes pada anak: 

1. Tidak memproduksi insulin

Penyebab pasti diabetes tipe 1 belum diketahui, namun umumnya penyebab utama yaitu pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup. Hal ini penyebabnya karena sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan bakteri dan virus.

Dan secara keliru menghancurkan sel penghasil insulin (islet) pada bagian pankreas, yang berakibat kurangnya insulin. Insulin merupakan hormon yang membantu dalam menyerap sel-sel glukosa. 

Bila anak kekurangan insulin, akibatnya gula dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.hallodoc