Cerita 3 Sendang di Bumiayu Tak Pernah Kering, Jadi Sumber Air Andalan di Musim Kemarau

Cerita 3 Sendang di Bumiayu Tak Pernah Kering, Jadi Sumber Air Andalan di Musim Kemarau

MANFAATKAN- Warga terbiasa memanfaarkan keberadaan sumber air yang terdapat di beberapa wilayah Desa Bumiayu dalam kegiatan sehari-hari.-Teguh Supriyanto -Radar Brebes

"Warga disini kebanyakan hanya memanfaatkan sumur Nawangsasi untuk keperluan mandi dan cuci, sedangkan sumur lainnya jarang digunakan kecuali untuk sekedar mandi saja," kata Mahroji.

Solihin perangkat Desa Bumiayu mengakui jika desanya memiliki sumber air yang mencukupi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air warga di sekitarnya. 

Kondisi ini berbeda oleh beberapa pedukuhan yang justru rawan mengalami krisis air bersih saat kemarau berlangsung saat ini.

"Keberadaan sumber-sumber mata air ini cukup membantu warga, terutama disaat musim kemarau. Sehingga warga di sekitar sendang tidak kesulitan air," katanya.

Satu hal yang selalu menjadi perhatian yakni, menjaga kondisi di lingkungan sendang. Dimana sejumlah pohon besar dan rindang menghiasi setiap lokasi sendang dan seolah turut serta menjaga ketersediaan air di lokasi tersebut.

"Pemdes selalu wanti-wanti agar warga menjaga kondisi lingkungan untuk tetap lestari. Sebab dengan lingkungan yang lestari, maka manfaatnya akan dirasakan oleh warga itu sendiri," ingatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: