Cerita 3 Sendang di Bumiayu Tak Pernah Kering, Jadi Sumber Air Andalan di Musim Kemarau

Cerita 3 Sendang di Bumiayu Tak Pernah Kering, Jadi Sumber Air Andalan di Musim Kemarau

MANFAATKAN- Warga terbiasa memanfaarkan keberadaan sumber air yang terdapat di beberapa wilayah Desa Bumiayu dalam kegiatan sehari-hari.-Teguh Supriyanto -Radar Brebes

BUMIAYU, DISWAYJATENG - Musim kemarau bagi sebagian orang merupakan masa-masa sulit untuk mendapatkan kebutuhan, khususnya air.

Namun hal seperti itu tidak dirasakan oleh ratusan jiwa yang tinggal di Dukuh Kramat, Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu.

Ya, bagi warga setempat tak perlu khawatir kekeringan. Wilayah tersebut dikelilingi oleh sumber mata air yang berbentuk sendang, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan secara leluasa. 

BACA JUGA:Musim Kemarau Tapi Hujan Terus, BMKG Ungkap Penyebabnya

Dari beberapa sumber mata air, terdapat tiga sumber air yang sangat di kenal oleh masyarakat sekitar yakni Sendang Nawangsasi, Sendang Benda dan Sendang Wulan.

3 sendang itu cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. Walaupun sebenarnya masih ada 4 sumber air bersih lain di desa tersebut.

"Jika dihitung semuanya ada sekitar 7 sumur (nata air) di Desa Bumiayu ini, tapi dari ketujuh sumur hanya 3 yang terkenal," ungkap Mahroji 65 tokoh Desa Bumiayu, Senin (19/6).

Diakui Mahroji, keberadaan tiga sumur tersebut sangat dirasakan oleh warga terutama di dalam menghadapi musim kemarau yang biasa terjadi setiap tahunnya.

BACA JUGA:Cerita Warga Wonogiri Tak Lagi Dihantui Kekeringan Berkat Embung Dari Ganjar

"Air di setiap sendang tidak pernah kering meskipun menghadapi puncak musim kemarau. Kalaupun menyusut di siang hari, namun besoknya kondisi air akan kembali penuh meskipun tidak ada hujan," urai Mahroji.

Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika keberadaan sumber-sumber mata air ini menjadi andalan warga di saat beberapa sumber di pemukiman warga mengering sebagai dampak dari kemarau.

"Banyak warga yang memanfaatkan jika sumur-sumur di rumah menyusut saat kemarau," ujarnya. 

Meski terlihat lebih kecil dari lokasi sumur lainnya, namun Sendang Benda memiliki kualitas air lebih jernih dari Nawangsasi maupun sumur Wadas.

Air di sumur itu terlihat berwarna biru meski kita melihat dari jarak dekat, kondisi itu disebakan kejernihan air berpadu dengan warna dasar sumur yang terkena sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: