Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Ketika Kalian Mengkonsumsi Sayuran Ini

Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Ketika Kalian Mengkonsumsi Sayuran Ini

Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Ketika Kalian Mengkonsumsi Sayuran Ini-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Sayuran merupakan salah satu makanan yang sangat mengandung manfaat untuk kesehatan kita sehingga kita harus makan sayuran. Salah satunya sayuran turnip yang merupakan salah satu sayuran yang sangat padat akan nutrisi dan rendah kalori.

Karena sayuran ini dapat membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti mengelola kadar gula dan lemak dalam tubuh. Bukan hanya itu saja akan tetap juga meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker.

Kali ini kita akan membahas berbagai manfaat yang terkandung dalam sayuran turnip, antaranya:

1.Dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis

karena adanya kandungan kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang kita. Karena mineral penting dalam pertumbuhan dan perbaikan tulang serta dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Sayuran ini juga mengandung glukosinolat, senyawa yang dapat membantu pembentukan tulang. Kandungan vitamin K juga baik untuk mengurangi risiko patah tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Karena dengan banyaknya manfaat tersebut mengkonsumsi turnip dapat bermanfaat untuk menghambat terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang yang disebabkan oleh penuaan.

 

2.Dapat membantu menurunkan berat badan

Sayuran ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan sangat cocok yang sedang menjalankan diet. Ekstrak pada turnip dapat menghambat deposisi lipid dalam sel lemak dengan merangsang reseptor yang terlibat dalam metabolisme lipid.

Karena tinggi akan serat mengkonsumsi sayuran ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan menahan rasa lapar. Sehingga bisa membantu kalian yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

3.Kaya akan potasium

Menurut WebMD sayuran turnip yang berukuran sedang mengandung sekitar 233 mg kalium. Mineral ini sangat penting untuk berbagai aktivitas dalam tubuh.

Beberapa fungsi dari kalium membantu saraf mengirim sinyal pada otak serta menjaga otot dan jantung tetap bekerja dengan baik. Apabila  tubuh kita sampai kekurangan kalium maka bisa lebih berisiko mengalami berbagai penyakit. Antaranya yaitu tekanan darah tinggi, strok, batu ginjal, tulang yang rapuh, dan gula darah tinggi.

4.Dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Mengandung vitamin A, C, dan zat besi yang sangat baik maka sayuran ini dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A sendiri baik untuk fisiologi kulit karena dapat membantu dalam produksi sebum dan pencegahan jerawat.

Vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen yang merupakan senyawa penting bagi kesehatan kulit. Begitu juga dapat membuat kulit kita tampak lebih muda dan kenyal.

Sedangkan zat besi bisa membantu dalam produksi melanin  dalam rambut kita.

5.Dapat melindungi tubuh dari berbagai bakteri berbahaya

ketika kita mengonsumsi sayuran turnip juga dapat melindungi tubuh dari bakteri berbahaya yang ada dalam tubuh kita. Karena kandungan glukosinolat yang kemudian terurai menjadi isotiosianat dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan bakteri.

Selain itu juga senyawa isotiosianat juga dapat menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap patogen bawaan makanan seperti Vibrio parahaemolyticus dan Bacillus cereus.

6.Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah

Kandungan zat besi yang sangat tinggi pada sayuran ini dapat sangat baik untuk pembentukan sel darah merah. Seperti halnya ini baik untuk terkonsumsi  bagi orang-orang dengan yang anemia.

Sel darah merah sangat penting untuk mengoksidasi dan memperbaiki serta menjalankan sistem organ tubuh. Lebih banyak zat besi dapat berimbas pada sirkulasi darah yang lebih lancar dan lebih baik secara keseluruhan.

Turnip sendiri juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi. Bahkan vitamin C dan asam askorbat dalam turnip dapat sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C dapat mengurangi masalah kesehatan kronis seperti kanker dan penyakit jantung, sedangkan antioksidan dapat merangsang produksi sel darah putih.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Manfaat Vanila Untuk Kesehatan Tubuh

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat yang ada dalam sayuran turnip, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: