Siapkah Anda Berkurban, Inilah 5 Tips Memilih Hewan kurban Dengan Cermat dan Tepat

Siapkah Anda Berkurban, Inilah 5 Tips Memilih Hewan kurban Dengan Cermat dan Tepat

Kambing Hewan kurban--By ngopibareng.id

DISWAYJATENG.IDSiapkah Anda Berkurban, Inilah 5 Tips Memilih Hewan kurban Dengan Cermat dan Tepat.  Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini tinggal beberapa hari lagi. Bagi anda yang ingin melakukan beribadah Qurban sebelumnya saya kasih 5 tips untuk memilih Hewan kurban dengan cermat dan tepat.

Karena hewan kurban ini mempunyai peran penting dalam pelaksanaan ibadah Qurban bagi umat Muslim yang melakukannya pada seluruh dunia. Dan ini adalah ibadah yang berawal dari hikayah Nabi Ibrahim, As terhadap anaknya nabi Ismail,As.

Pelaksaan Idul Adha ini biasanya pada setiap tanggal 10 Dzulhijah yang identik dengan proses penyembelihan hewan kurban.Setelah melaksanakan sholat ied pada waktu pagi harinya. 

BACA JUGA: Putri Ariani Peraih Golden Buzzer AGT 2023, Dihadiahi Haji dan 17 Kali Umroh dari Raja Salman,Tapi Faktanya?

Dan ini pula sebelumnya melaksanakan ibadah puasa sunah yaitu puasa Tarwiyah dan puasa arofah yang berbarengan dengan pelaksanaan ibdah haji.

Siapkah Anda Berkurban, Inilah 5 Tips Memilih Hewan kurban Dengan Cermat dan Tepat

Untuk memilih hewan kurban yang cermat dan tepat, ada beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan supaya pelaksanaan ibadah ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam.

Inilah 5 Tips Memilih Hewan Kurban dengan Cermat dan Tepat:

1.Memahami Makna dan Tujuan Hewan Kurban

Sebelum anda memilih hewan kurban, penting sekali bagi kita untuk bisa memahami makna dan tujuan dari pelaksanaan ibadah ini. Hewan kurban adalah salah satu bentuk pengorbanan dan ibadah kepada Allah SWT.  Pemahaman yang baik bisa membantu kita dalam menentukan pilihan yang tepat, dengan selalu mempertimbangkan aspek-aspek syariat yang terkait.

BACA JUGA: Jangan Lupa Guys, Tempat Makan Sate Kambing Muda Favorit di Tegal

2.Memperhatikan Kondisi Fisik Hewan

Salah satu faktor yang penting dalam memilih hewan kurban yaitu kondisi fisiknya. Maka pilihlah hewan yang kuat,sehat dan memiliki postur yang baik. Perhatikan pula tanda-tanda kesehatan pada hewan tersebut, semisal, mata yang terang, serta gerakan yang lincah,dan bulu yang bersih dan rapih. Serta hindari untuk memilih hewan yang kelihatan sakit, lemah atau memiliki cacat yang signifikan.

3.Usia Hewan Kurban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Jabar Ekspres