Kantah Kabupaten Klaten Gencarkan Sosialisasi PTSL Kepada Masyarakat

Kantah Kabupaten Klaten Gencarkan Sosialisasi PTSL Kepada Masyarakat

-Dok. Ist-jateng.disway.id

KLATEN (Disway Jateng) - Kantor Tanah (Kantah) Kabupaten Klaten terus menggencarkan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat.

 

Hasil sosialisasi PTSL yang dilakukan mulai terlihat nyata. Dari total 401 desa dan kelurahan di Kabupaten Klaten, sebanyak 49 desa masuk menjadi fokus Penlok atau Penetapan Lokasi untuk tahun 2022.

 

Penlok ini menjadi lokasi dijalankannya program strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang dalam hal ini adalah program PTSL.

 

Terkait pelaksanaan PTSL di Klaten, Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Klaten menjelaskan bahwa sudah lebih dari setengah desa yang menjadi Penlok 2022 telah berhasil dirampungkan. 

 

“Untuk di Kabupaten Klaten, sudah ada 28 desa yang telah ditetapkan menjadi Desa Lengkap. Hal ini artinya seluruh bidang tanah yang ada di desa-desa tersebut sudah berhasil terpetakan dan terdaftarkan seluruhnya,” ungkap Kepala Kantah Kabupaten Klaten, Tentrem Prihatin.

 

Masyarakat di Kabupaten Klaten menurut Tentrem Prihatin sangat antusias mendapati program PTSL. 

“Masyarakat di sini antusias betul. Syukur pelaksanaan PTSL 2022 sudah berjalan cukup lancar. Kesadaran masyarakat untuk lakukan pemasangan tanda batas di tanah-tanahnya juga cukup baik,” ujarnya.

 

“Antusiasme masyarakat Klaten yang sangat tinggi terkait penyertipikatan tanah ini membantu tercapainya target yang ditetapkan. Bahkan seringkali realisasinya melebihi target yang ditetapkan untuk melakukan pendaftaran tanah dalam satu Desa Lengkap,” lanjut Kepala Kantah Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id