Pemprov Jateng Raih Subroto Award sebagai Pengelola Air Tanah Terbaik

Jumat 11-10-2024,14:08 WIB
Reporter : Umar Dani
Editor : Wawan Setiawan

JAKARTA, diswayjateng.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Subroto Award dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai pengelola air tanah terbaik di Indonesia.

 Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, kepada Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, dalam acara yang digelar di Hotel Kempinski, Jakarta, pada Kamis malam, 10 Oktober 2024.

Provinsi Jawa Tengah menjadi satu-satunya pemerintah tingkat provinsi yang menerima penghargaan ini, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang energi dan sumber daya mineral.

Nana Sudjana menjelaskan bahwa hanya ada tiga penerima penghargaan untuk kategori pemerintah di bidang geologi, yaitu Pemprov Jateng untuk Pengelolaan Air Tanah, Kabupaten Magelang untuk Manajemen Mitigasi Bencana Geologi, dan Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan untuk Konservasi Geologi.

“Penghargaan Subroto Award 2024 ini menjadi motivasi bagi Pemprov Jateng dan masyarakat untuk terus mengelola serta mengonservasi tanah dengan berkelanjutan,” ujar Nana.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemprov Jateng, seperti studi konservasi udara di 20 cekungan air tanah, pengambilan debit air oleh pelaku usaha, serta fokus penggunaan ke air permukaan atau PDAM.

 Selain itu, Pemprov juga membangun sumur resapan untuk mengisi ulang air tanah dan mengedukasi masyarakat mengenai tata cara izin pemanfaatan air tanah serta konservasi air tanah di provinsi tersebut.

“Kami melakukan semua ini demi menjaga kelestarian ekosistem dan konservasi udara tanah,” tambah Nana.

Presiden Joko Widodo dalam Berbagainya menyatakan bahwa sektor ESDM memiliki peran strategis dengan potensi besar untuk memberikan dampak ganda pada perekonomian nasional.

 Ia menekankan pentingnya pengelolaan sektor ini dengan baik di dalam negeri.

 

Kategori :