Belasan Desa di Kabupaten Pemalang Belum Cairkan ADD dan DD Tahap II

Senin 23-09-2024,19:15 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinpermades) Kabupaten Pemalang. Terus mendorong desa-desa yang belum melakukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2024 untuk tahap II. Mengingat, hingga per 20 September 2024 masih ada banyak desa yang belum mencairkannya. 

Kepala Dinpermades Kabupaten Pemalang Ahmady Stiawan Widatmojo mengatakan, terkait keuangan desa, baik itu ADD maupun DD. Sampai dengan tanggal 20 September 2024 masih ada beberapa desa yang belum mengajukan pencairannya. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Ambil Bagian dalam Gelar Pasukan dan Peralatan Potensi SAR

Masing-masing untuk ADD tahap I yang sudah terserap  212 desa atau 100 persen, untuk tahap II sudah tersalurkan 91,9 persen atau 195 desa. Sementara masih ada 17 desa yang belum pencairan ADD tahap II.

"Kemudian untuk DD tahap I pencairannya sudah 100 persen, adapun untuk tahap II yang sudah pencairan ada 194 desa atau 91,5 persen. Sehingga masih yang tersisa ada 19 desa yang belum mencairkan DD tahap II,"katanya.

Bantuan keuangan tahun 2024,  untuk bantuan keuangan propinsi yang sudah cair untuk 429 kegiatan dan yang belum diajukan pencairannya masih ada 42 kegiatan. 

Bantuan keuangan kabupaten dari hasil Musrenbang Kabupaten yang sudah disalurkan 82 kegiatan, sedangkan yang masih belum mengajukan 19  kegiatan. 

BACA JUGA:Pengundian Paslon, Robby-Nina Nomor 01, Rama-Yuni 02, Sinoeng ber-Budi 03

Bantuan keuangan untuk percepatan RPJMD yang sudah disalurkan 65 kegiatan dan yang belum mengajukan ada 85 kegiatan. Bantuan keuangan untuk optimalisasi penyelenggaraan pemerintah desa yang sudah disalurkan ada 92 desa dan 120 desa belum mengajukan. 

Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong kepada desa-desa agar segera mengajukan pencairannya baik itu ADD maupun DD tahap II. Selain itu beberapa bantuan keuangan lainnya juga agar segera mengajukannya. 

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Batang 2024 Resmi Dilantik, Suudi jadi Ketua

Bagi desa-desa yang belum mengajukan baik itu ADD maupun DD yang tahap II dan beberapa bantuan keuangan yang disebut tadi agar segera mengajukan. “Kepada semua camat dimohon untuk bisa memotivasi atau memfasilitasinya. Sehingga terkait pelaksanaan kegiatan itu, dapat segera terselesaikan dengan baik,"tandasnya. 

Kategori :