BPBD Kabupaten Tegal Ambil Bagian dalam Gelar Pasukan dan Peralatan Potensi SAR

BPBD Kabupaten Tegal Ambil Bagian  dalam Gelar Pasukan dan Peralatan Potensi SAR

SARANA PENDUKUNG - BPBD Kabupaten Tegal menyiagakan peralatan di apel pasukan Pantura barat.Foto: Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG  - BPBD Kabupaten Tegal ambil bagian dalam gelar pasukan dan peralatan bagi potensi SAR  dan relawan yang dipusatkan di Pantai Widuri, Pemalang. Kalak BPBD Elliya Hidayah melalui  Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Solichin menyatakan, pihaknya selain mengirimkan relawan, juga mengirim peralatan kebencanaan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tegal.

Apel kali ini diikuti relawan yang berada di kota dan kabupaten Pantura barat.  Digelar dalam rangka meningkatkan kesiapan personel dan peralatan. "Serta memperkuat koordinasi untuk antisipasi dan penanganan bencana," ujarnya, Senin (23/9/2024). 

BACA JUGA:Pengundian Paslon, Robby-Nina Nomor 01, Rama-Yuni 02, Sinoeng ber-Budi 03

Selebihnya, kegiatan ini bertujuan untuk menghadapi potensi bencana transisi dari musim kemarau ke  musim penghujan. Dalam apel ini, seluruh personel BPBD  Pantura barat  beserta peralatan penanggulangan bencana akan diperiksa dan disiagakan. "Pemeriksaan meliputi kelengkapan peralatan pemadam kebakaran, kendaraan operasional, alat komunikasi serta perlengkapan medis," cetusnya. 

Adapun tujuan utama dari apel ini adalah memastikan bahwa semua peralatan dalam kondisi siap pakai dan personil dalam keadaan siap menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi.

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Batang 2024 Resmi Dilantik, Suudi jadi Ketua

Selain kesiapan personel dan peralatan, apel ini juga bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antarlembaga terkait dalam penanganan bencana. BPBD Pantura  barat  akan bekerjasama dengan berbagai instansi, seperti TNI, Polri, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI dan instansi lainnya untuk memastikan respon cepat dan efektif dalam penanganan bencana," ungkapnya.

Diharapkan, apel ini dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan seluruh personel dalam menghadapi bencana. Dengan adanya gelar pasukan dan peralatan, diharapkan semua dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi potensi bencana alam.

BACA JUGA:Kecelakaan Beruntun di Pati, Tronton, Mobil Pribadi dan Sepeda Motor Rusak Parah

"Kerja sama dan koordinasi yang baik antarlembaga sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat," tegasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: