Bawaslu Kota Tegal Launching Buku Kaleidoskop Kerja Pengawas Ad-hoc Pemilu 2024

Kamis 19-09-2024,11:45 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal melaunching buku Kaleidoskop Kerja Pengawas Ad-hoc Pemilu 2024. Launching buku tersebut dengan memberikan judul Kaleidoskop Kerja Pengawas Ad-hoc Pemilu 2024, sebab akan dituangkan dan merupakan ulasan singkat terkait kinerja pengawas. 

Seperti diketahui bahwa tahapan Pemilu terhitung mulai tahun 2022 sampai tahun 2024, namun jika dituangkan menjadi sebuah buku akan sangat panjang, sehingga hanya diulas pada bagian inti yang mencakup keseluruhan tugas pengawas.

BACA JUGA:Bocah 8 Tahun Dipatuk Ular Welang, Kondisi Koma di RSUD Soeselo Slawi

"Dalam buku itu merupakan sekelumit gambaran-gambaran peristiwa yang terjadi selama tahapan Pemilu," kata Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid.

Sementara dalam penyusunannya melibatkan seluruh petugas Bawaslu yang melakukan laporan mulai dari penyusunan daftar, pencalonan, tahapan kampanye, pemungutan suara hingga tahapan penetapan calon terpilih DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI sery presiden dan wakil presiden. 

BACA JUGA:Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Pemalang Masa Keanggotaan 2024-2029 Sukses Dilaksanakan

Dalam buku itu terdapat lima bab, diantaranya bab pendahuluan yang menuangkan cerita-cerita hingga penghitungan suara-suara, seperti suara partai politik (parpol), calon legislatif maupun calon oresiden dan wakil presiden.

Kemudian bab kedua menuangkan tentang profil Bawaslu Kota Tegal, mulai dari berdiri atau dibentuknya Bawaslu Kota Tegal yang sudah dilepas mandiri sejak tahun 2018. Termasuk struktur organisasi baik di Bawaslu maupun di Sekretariat Bawaslu.

BACA JUGA:Diskusi Politik Bersama Milenial dan Gen Z

Pada bab ketiga menceritakan terkait SDM, organisasi dan pengawas ad-hoc mulai dari Panwascam, Panwas Kelurahan hingga pengawas TPS yang menjadi ujung tombak.

Pada bab keempat menceritakan tentang kerja pengawas ad-hoc, mulai dari tugas dan fungsinya. Terakhir yakni bab kelima menuangkan tentang evaluasi, kesimpulan dan rekomendasi. 

BACA JUGA:Santri MAN Kota Tegal Diharapkan Semakin Cinta Rasulullah

"Jadi dengan 5 bab yang dihadirkan kami ingin memberitahukan kepada masyarakat melalui buku terkait kerja pengawas," ujarnya.

Saat launching buku menghadirkan pembicara Subekhi Prawirodijoyo dan drh Sohidin Suwarso yang dipandu moderator Balqis Arifiani.

Kategori :