Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Sosialisasi Aplikasi SIDT

Selasa 27-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Guna menyukseskan program Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-UMKM) dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT). Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal menggelar bimtek enumerator penggunaan Amaplikasi SIDT tingkat Kabupaten Tegal. Kegiatan diikuti 227 petugas  enumerator yang tersebar di 18 kecamatan. 

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto  membuka kegiatan tersebut. Menurutnya, tujuan diadakannya pendataan lengkap ini diantaranya untuk memperoleh data yang dapat memberikan informasi tentang pelaku usaha/unit usaha/perusahaan menurut wilayah maupun lapangan usaha.

BACA JUGA:Kasatpol PP Kabupaten Tegal Blak-blakan soal Penegakan Perda

Dengan demikinan, dapat  dijadikan sebagai bahan perencanaan atau analisis, baik data mikro maupun makro. Selebihnya,  mendapatkan informasi penggunaan tenaga kerja, mendapatkan informasi pasokan dan pasar. Serta mendapatkan informasi struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha. 

"Termasuk mendapatkan gambaran permodalan, prospek dan kendala usaha/perusahaan mendapatkan informasi penggunaan internet. Dalam kegiatan usaha, online, sitem waralaba dan kepemilikan unit usaha atau perusahaan," katanya.

BACA JUGA:Inspektorat Kabupaten Pemalang Wujudkan Pembangunan Antikorupsi

Dia berpesan kepada  para enumerator agar didalam menginput data dalam aplikasi SIDT benar-benar data riil otentik dan data yang valid. Karena data tersebut nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan siapapun atau OPD/instansi/lembaga manapun sesuai dengan kebutuhan. 

"Dalam rangka pengambilan kebijakan sesuai OPD atau sesuai bidang masing-masing," ungkapnya. (adv)

Kategori :