Siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal Dilatih Wawasan Kebangsaan

Senin 29-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - SMK Negeri 3 Kota Tegal mengadakan Pendidikan Karakter dan Wawasan Kebangsaan (PKWB) yang menjadi agenda tahunan yang diadakan oleh  kesiswaan dan diikuti peserta didik baru tahun 2024. PKWB itu diadakan setelah kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kegiatan menekankan pada pendidikan karakter dengan memberdayakan potensi peserta didik untuk membangun karakter pribadi. Sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Tegal Berkunjung ke Perpustakaan Eka Pustaka

Kepala SMK Negeri 3 Kota Tegal Sri Indrwati melalui Waka Kesiswaan Diyah Poso Rini berpesan kepada siswa-siswi untuk menjalani kegitan dengan penuh semangat dan antusias. Sebab, pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral. Dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus menerus, baik fisik maupu psikis. Untuk penyempurnaan diri ke arah hidup yang lebih baik. Supaya dapat melakukan kedisiplinan dan aturan-aturan sekolah. 

"Untuk itu perlu ditanamkan pengetahuan, kesadaran dan kemauan serta tindakan dalam melakukan nilai-nilai tersebut," ujarnya. 

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Dana KUR di Kabupaten Tegal Capai Rp10, 6 Miliar

Salah satu instruktur Abdul Qodir berpesan kepada peserta didik baru bahwa siswa baru harus paham dan punya visi ke depan. Mengingat, SMK Negeri 3 Kota Tegal adalah salah satu sekolah Pusat Keunggulan. Dimana ke depannya siswa harus lebih siap dalam mengahadapi tantangan yang lebih beragam, harus menanamkan kedisiplinan yang tinggi.

"Sehingga terjadi peningkatan kualitas. Untuk itu program ini harus didukung oleh seluruh elemen," terangnya.

BACA JUGA:Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Digembleng Pendidikan Karakter

Kegiatan didampingi oleh instruktur yang andal dari alumni Angkatan Laut (AL), anggota OSIS dan guru. kegiatan PKWB dibekali dengan materi bela negara, public speaking bimbingan karir. Pengenalan hymne SMK Negeri 3 Kota Tegal, PBB dan ditutup dengan Gama The Explorer Tegal City. Yang menampilkan kegiatan pentas seni dan long march untuk melatih fisik dan kekompakan tim.

Kategori :