Banyak Promo Cicilan Menarik, Ini Aplikasi PayLater Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Senin 29-07-2024,07:10 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Aplikasi paylater yang paling banyak digunakan saat ini begitu drastis perkembangannya. Popularitas layanan paylater meningkat pesat sebab kemudahan dan keamanan transaksi online yang ditawarkan. 

Aplikasi paylater yang paling banyak digunakan saat ini diduduki oleh peringkat pertama yaitu Shopee PayLater. Tidak bisa dipungkiri, layanan paylater saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan dengan kemudahan dan solusi untuk kebutuhan darurat. 

Pengajuan aplikasi paylater yang paling banyak digunakan pun tergolong sama mudahnya, tanpa memerlukan slip gaji dan analisa kredit yang membutuhkan waktu lama. Paylater juga memberikan opsi pelunasan secara mencicil, sama seperti kartu kredit perbankan. 

BACA JUGA: 7 Aplikasi Paylater Paling Banyak Digunakan, Shopee Paylater Tetap Juaranya

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia telah mendorong pertumbuhan layanan paylater. Yang didukung oleh rendahnya penetrasi kartu kredit dan meningkatnya akses internet seta penggunaan smartphone.

Dengan pertumbuhan yang signifikan dalam skala dan cakupan bisnis, sampai saat ini masih tersedia aplikasi paylater yang paling banyak digunakan. 

Namun demikian, kemudahan yang ditawarkan layanan paylater mesti dikompensasi dengan bunga yang bisa jadi lebih tinggi dibanding kredit perbankan yang notabene masih sering memberikan promo cicilan tanpa bunga. 

Apa aplikasi paylater yang paling banyak digunakan konsumen Indonesia? Sejak kemunculannya pertama kali, layanan kredit ini makin digemari masyarakat. Sampai Mei 2023, pengguna paylater tumbuh 33,25% secara tahunan. 

BACA JUGA: 3 Aplikasi Paylater untuk Liburan Legal dan Aman, Limit Sampai 50 juta dengan Tenor Panjang

Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada periode tersebut terdapat 72,88 juta kontrak. Setahun sebelumnya, di periode yang sama, kontrak transaksi ‘buy now, pay later’ mencapai 54,70 juta. 

Misalnya saja, pendaftaran layanan Shopee Paylater terbilang cukup mudah. Layanan ini memang hanya bisa digunakan oleh pengguna terpilih saja, namun proses pendaftarannya cukup mudah sebab tidak memerlukan analisa kredit seperti perbankan.

Artinya, terdapat lonjakan pengguna dalam kurun waktu yang cukup singkat. Pertumbuhan drastis itu tidak mengherankan, mengingat persyaratan pengajuan layanan yang relatif lebih mudah dibanding kartu kredit perbankan. 

BACA JUGA :Kabar Baik, Fitur Aplikasi OVO Paylater Ini Bisa Digunakan untuk Berbelanja

Contohnya, bunga cicilan Shopee Paylater yaitu minimal 2,95% untuk transaksi dengan pelunasan satu bulan. Sementara untuk transaksi dengan pelunasan cicilan, besaran bunga akan disesuaikan. 

Sementara itu, kartu kredit Bank Mandiri menawarkan transaksi di mesin EDC merchant terpilih dengan tenor cicilan 3-24 bulan dengan bunga 0,75% per bulan dari nominal transaksi. Bunganya lebih rendah, namun proses pengajuannya tidak semudah paylater. 

Kategori :