5 Tips Jitu Menjaga Skor Kredit SLIK OJK Tetap Baik dan Aman

Sabtu 20-07-2024,13:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Untuk menghindari hal tersebut, kalian harus tetap waspada saat menggunakan fitur paylater. Usahakan selalu bayar tagihan sebelum jatuh tempo. Dan sebisa mungkin segera melunasi tagihan sebelum jatuh tempo.

4. Selalu Aktif

Kalian perlu menggunakannya kartu kredit secara berkala. Jika tidak, penerbit kartu bisa menutup akun karena tidak aktif. Ini dapat menurunkan skor kredit kalian dalam jangka pendek.

5. Jaga Agar Saldo Kredit Tetap Rendah

Memiliki saldo rendah dan limit kredit tinggi merupakan kunci kredit yang sehat. Persentase sederhana ini mengukur berapa banyak kredit yang digunakan dibandingkan dengan berapa banyak kredit yang kalian miliki di semua kartu (untuk kartu kredit).

Ini merupakan salah satu faktor penting dalam menghitung skor kredit kalian. Jika merasa menghabiskan terlalu banyak limit kredit, kalian mungkin bisa meningkatkan limitnya untuk menjaga rasio saldo kredit tetap rendah.

Riwayat kreditmu akan diukur berdasarkan histori aktivitas kreditmu berdasarkan dari skala 1-5 atau yang biasa disebut dengan Kolektibilitas (Kol) seperti yang dijelaskan dibawah ini:

BACA JUGA:Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK agar Bebas dari Blacklist

  • Kredit Lancar atau Kol 1: Kredit yang memuaskan dimana kalian mampu menyelesaikan segala kewajibanmu seperti angsuran, pokok utang, dan bunga tanpa ada cela.
  • Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) atau Kol 2: Terdapat tunggakan selama 1-2 bulan yang biasanya disebabkan karena keterlambatan pembayaran.
  • Kredit Tidak Lancar atau Kol 3: Terdapat tunggakan selama kurun 3-4 bulan. Pendekatan yang dilakukan kepada nasabah pun tidak membuahkan hasil.
  • Kredit Diragukan atau Kol 4: Kredit tidak lancar yang telah jatuh tempo tapi belum juga diselesaikan oleh Debitur lebih dari 5-6 bulan.
  • Kredit Macet atau Kol 5: Kredit tidak lancar yang tertunggak lebih dari 6 bulan dan telah diusahakan untuk diaktifkan kembali tapi tetap tidak membuahkan hasil.
  • Itulah beberapa informasi seputar tips menjaga skor kredit SLIK OJK tetap baik beserta skala kolektibilitas yang perlu kalian pahami dan perhatikan. Semoga bermanfaat. (*)

    Kategori :