5 Tips Jitu Menjaga Skor Kredit SLIK OJK Tetap Baik dan Aman

Sabtu 20-07-2024,13:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Penting untuk mengetahui tips menjaga skor kredit SLIK OJK tetap baik dan wajib dilakukan. Nantinya, debitur yang melakukan pinjaman akan mendapatkan salah satu dari 5 skor kredit. 

Dengan memahami tips menjaga skor kredit SLIK OJK tetap baik maka kalian layak saat mengajukan pinjaman agar cepat cair. Selain itu, pihak pinjaman juga akan memberikan kemudahan seperti keringanan cicilan, dan bunga rendah serta lainnya. 

Setelah nama kalian bersih dari blacklist SLIK OJK, penting bagi kalian untuk selalu menjaga skor kredit SLIK OJK agar tetap baik. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, skor kredit kalian aman di angka 1 dan 2. Skor ini bisa digunakan sebagai persyaratan pengajuan kredit kepada bank atau lembaga keuangan dan perusahaan pembiayaan lainnya kedepan.

Lantas, bagaimana tips menjaga skor kredit SLIK OJK tetap baik dan tidak ditolak? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Begini Syarat dan Cara Mudah Cek BI Checking atau SLIK OJK Via Online Maupun Offline

Tips Menjaga Skor Kredit SLIK OJK Tetap Baik

1. Pastikan Akun Kredit Lama Tetap Aktif

Tips menjaga skor kredit SLIK OJK tetap baik yaitu pastikan akun kredit lama tetap aktif. Bahkan jika kalian tidak lagi menggunakan akun/kartu kredit lama, kalian mungkin ingin tetap membuka rekening. Ini bisa jadi meningkatkan skor kredit kalian yang berarti kalian tidak memiliki masalah kredit sejak dulu.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Riwayat pembayaran kalian mencetak 35% dari perhitungan skor kredit. Agar skor kredit tetap baik, sebaiknya selalu membayar tagihan tepat waktu dan penuh. Meskipun kalian hanya bisa membayar tagihan minimum, pastikan tidak terlambat. 

Jika kalian kesulitan mengingat tanggal jatuh tempo untuk setiap tagihan, coba atur pembayaran otomatis. Dengan layanan ini, dana akan secara otomatis ditransfer dari akun Anda pada tanggal yang ditentukan.

3. Waspada Paylater

Belakangan, fitur bayar nanti alias paylater semakin digandrungi. Orang-orang yang tidak memiliki kartu kredit beralih ke paylater untuk bisa tetap berbelanja saat tidak memiliki uang tunai. Ketimbang pengajuan kartu kredit, pengajuan paylater ini terbilang sangat mudah. Namun, ini justru berisiko membuat penggunanya jadi terlena.

BACA JUGA:5 Tips Agar SLIK OJK Aman Saat Menggunakan Pinjol, Pengajuan Pinjaman Mudah Disetujui

Tidak jarang pengguna paylater terlilit utang sebab tidak bisa membayar tagihan. Jika sudah demikian, skor kredit SLIK OJK pun bisa jadi buruk. Dampaknya, kalian akan kesulitan mengajukan kredit ke depannya.

Kategori :