Tanda IMEI HP Disadap Pinjol Ilegal

Selasa 16-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Layanan pinjaman online (pinjol) ilegal seringkali melakukan tindakan yang merugikan seperti menyadap HP debitur. Karena itu, penting bagi Anda mengetahui tanda IMEI HP disadap pinjol.

Meski layanan pinjol memudahkan untuk mendapatkan dana darurat, ada risiko merugikan yang perlu diwaspadai yakni sadap ponsel. Tanda IMEI HP disadap pinjol penting diketahui khususnya bagi nasabah yang saat ini mengalami gagal bayar (galbay).

Pasalnya dari beberapa kasus pihak pinjol bisa menyadap data penting debitur di ponsel. Untuk menghindari kerugian tersebut pastikan Anda mengetahui tanda IMEI HP disadap pinjol.

BACA JUGA:2 Tips Amankan Kontak Hp dari Teror Pinjol Ilegal, Bebas dari Sadap dan Pelacakan

Lantas bagaimana ciri-ciri ponsel yang disadap oleh pihak pinjol? Berikut penjelasan lengkap yang dilansir dari kanal YouTube Fintech.ID.

Tanda IMEI HP Disadap Pinjol

  1. Ponsel Anda sering mendapatkan pesan dan panggilan dari nomor asing.
  2. Kinerja ponsel menurun.
  3. Baterai boros dan HP tiba-tiba lemot.
  4. Adanya aplikasi yang diunduh secara otomatis.

Kasus penyadapan IMEI di HP debitur galbay belakngan heboh. Bahkan, hal ini membuat debitur galbay panik dan sempat beredar cara mendeteksi IMEI yang disadap.

Untuk mengamankan IMEI, Anda bisa lakukan pengecekan di ponsel dengan mengetik *#06#. Jika tidak ada indikasi nomor yang mencurigakan dari tampilan IMEI Anda berarti aman, namun sebaliknya jika ada yang berbeda dari nomor IMEI maka bisa saja sedang disadap.

BACA JUGA:5 Tips Jitu agar Nomor Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online

Risiko Bahaya Jika IMEI HP Disadap Pinjol

Setelah Anda mengetahui tanda IMEI HP disadap pinjol, berikutnya ketahui bahaya jika IMEI berhasil disadap oleh pinjol. Pasalnya hal ini seringkali disepelekan oleh pengguna pinjaman online, padahal memiliki dampak bahaya.

Pada dasarnya nomor IMEI HP merupakan jenis nomor identitas untuk ponsel yang Anda punya. Adanya nomor tersebut terbilang cukup penting untuk membutikan HP benar-benar asli dan bukan buatan ilegal.

Tak hanya itu saja, IMEI di ponsel juga memiliki fungsi untuk melacak keberadaan lokasi HP. Karena itu, jika IMEI Anda berhasil disadap oleh pinjol maka lokasi Anda bisa diketahui dan dilacak oleh oknum nakal.

BACA JUGA:Segera Amankan Data Anda, Begini 5 Cara Efektif Mengatasi HP Disadap Pinjol

Kasus yang lebih mengerikan yakni pihak pinjol ilegal mengancam debitur galbay dengan mengirimkan orderan fiktif ke rumah. Jika IMEI dibiarkan saja tentu saja Anda dapat mengalami kerugian seperti ini.

Kategori :