Dinas Kesehatan dan 29 Kepala Puskesmas se-Kabupaten Tegal Kaji Banding ILP di Kendal

Selasa 09-07-2024,13:22 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal bersama 29 kepala puskesmas se-Kabupaten Tegal melakukan kaji banding penerapan Integrasi Layanan Primer (ILP) di Puskesmas Plantungan, Kabupaten Kendal.

Kaji banding yang dipimpin Kepala Dinkes Kabupaten Tegal dr Ruszaeni ini, tidak hanya diikuti oleh kepala puskesmas. Tapi juga sekretaris dinas, kepala bidang (5 orang), ketua tim (15 orang) dan staf Yankes.

Rombongan ini ditemui oleh jajaran Dinkes Kabupaten Kendal, camat Plantungan dan Kepala Puskesmas Plantungan.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Warning 9 Pegembang Perumahan

Menurut Ruszaeni, tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran penerapan ILP secara komprehenship kepada jajaran Dinkes Kabupaten Tegal. Utamanya Kepala Bidang, Ketua Tim dan Kepala Puskesmas.

Selain itu, tujuannya juga untuk membangun komitmen bersama lintas program dan puskesmas dalam mengimplementasikan program ILP ini. 

"Prinsipnya, kita akan meningkatkan koordinasi dan advokasi serta mengidentifikasi kendala dan hambatan dalam implementasi ILP ini," kata Ruszaeni.

BACA JUGA:Dinas Porapar Kabupaten Tegal Dukung Pengembangan Paket Wisata Dukuh Cipero

Dia menjelaskan, transformasi layanan primer merupakan satu dari 6 pilar transformasi sistem kesehatan yang sedang dilaksanakan Kemenkes.

Transformasi ini dilakukan untuk memperkuat layanan kesehatan primer supaya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas, dengan mengutamakan upaya promotif serta preventif.

"Di tahun 2024 ini, Kabupaten Tegal telah menunjuk tiga puskesmas sebagai lokus implementasi ILP. Dan tahun 2025 mendatang, ILP akan diterapkan di 15 puskesmas lainnya," kata Ruszaeni.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Adakan Apem Slawi

Untuk menyukseskan program ILP itu, maka Dinkes Kabupaten Tegal melakukan kaji banding untuk melihat penerapan ILP di Puskesmas Plantungan yang telah menerapkan ILP secara komprehenship.

"Kita memang butuh masukan untuk optimalisasi penyelenggaraan ILP di Kabupaten Tegal melalui pertukaran informasi dan kaji banding ini. Sehingga implementasinya dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien," ujarnya.

BACA JUGA:PDIP Silaturahmi dan Komunikasi Politik ke Partai Golkar Kabupaten Pemalang

Kategori :