Cegah Kecelakaan Fatal, Ramp Check Bus Pariwisata di Kabupaten Pemalang

Senin 20-05-2024,11:00 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Polres Pemalang melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) melaksanakan ramp check pada 6 unit bus milik salah satu PO pariwisata yang berkantor di Kabupaten Pemalang. Ramp check dilakukan bersama tim penguji dari Dinas Perhubungan, Organda dan Jasa Raharja.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, ramp check dilakukan untuk mengecek dan memeriksa secara langsung. Persyaratan teknis serta kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh pada komponen kelaikan bus. Seperti rem, lampu-lampu, klakson hingga ban. Juga pemeriksaan surat-surat, seperti SIM, STNK dan buku uji,” jelasnya.

BACA JUGA:Festival Musik Kontemporer Pelajar Digelar di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang

Kapolres menyampaikan, ramp check dilakukan untuk memastikan apakah kondisi fisik bus telah memenuhi syarat layak jalan. Serta kelengkapan administrasi kendaraan telah dipenuhi oleh PO bus.

“Kegiatan ini untuk mencegah fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas. Serta menjaga keselamatan penumpang bus, agar dapat menggunakan layanan bus dengan kondisi kendaraan yang layak jalan,” terangnya.  

Kapolres menjelaskan, ramp check dilakukan secara rutin dan akan dilanjutkan ke seluruh PO bus. Yang memiliki kantor perwakilan atau agen di wilayah Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:Tanggulangi Rob, Pemkab Pemalang Perbaiki Infrastruktur Desa

“Hasil pengecekan 6 unit bus milik salah satu PO bus pariwisata hari ini, seluruhnya dalam keadaan baik dan layak jalan,” bebernya.

Namun demikian, lanjutnya, pihaknya tetap mengimbau pemilik PO bus agar tetap rutin melakukan perawatan pada kendaraan. Serta selalu memperhatikan kondisi kesehatan para kru bus.

“Selain melaksanakan ramp check, hari ini Dokkes Polres Pemalang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh awak dan kru bus,” ujarnya. 

Kategori :