Tanggulangi Rob, Pemkab Pemalang Perbaiki Infrastruktur Desa

Tanggulangi Rob, Pemkab Pemalang Perbaiki Infrastruktur Desa

MENINJAU - Kepala BPBD Andri Adi saat meninjau desa di Kecamatan Ulujami yang terdampak rob.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Akan segera memperbaiki infrastruktur desa guna mengatasi banjir rob yang terjadi di wilayah Kecamatan Ulujami. 

Upaya Pemkab dalam membantu kelancaran aktivitas warganya, antara lain memperbaiki infrastruktur desa. Seperti meninggikan jalan kemudian memperbaiki saluran air. Selain itu, Pemkab Pemalang di  tahun 2025 mendatang, juga  akan menggelontorkan dana Rp15 miliar untuk perbaiki infrastruktur yang ada.

BACA JUGA:SMK Negeri 3 Kota Tegal Praktik Penyelamatan Diri di Laut

Kepala BPBD  Kabupaten Pemalang Andri Adi saat meninjau kondisi banjir rob di wilayah Kecamatan Ulujami mengatakan,  salah satu cara untuk percepatan penanganan rob di Ulujami adalah dengan normalisasi sungai. Harapannya agar dampak banjir rob itu cepat teratasi. 

Menurutnya, dengan normalisasi sungai, akibat tingginya endapan sedimen menyebabkan kembalinya air ke laut itu lambat. Sehingga harus dilakukan percepatan dengan normalisasi sungai.

"Salah  satu upaya kami yang harus dilakukan, normalisasi sungai. Upaya ini juga sebagai tindak lanjut apa yang diusulkan oleh kepala desa,"katanya.

BACA JUGA:Disesalkan, Desa Belum Bisa Salurkan ADD

Tak hanya normalisasi sungai, masih menurut Andri Adi juga perlu dibangunnya benteng tanggul di beberapa sungai.  Sebagaimana upaya  Pemkab Pemalang telah mengusulkan pembangunan tanggul atau sabuk laut kepada pemerintah pusat. Karena untuk bisa merealisasikan pembangunan tanggul butuh anggaran yang tidak sedikit.

"Untuk tanggul laut atau sabuk laut itu anggarannya sangat besar sampai triliunan. Maka kami usulkan dan kami kawal terus ke tingkat pusat,"tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: