7 Cara Cepat Melunasi Hutang Pinjol Paling Efektif Agar Tidak Menumpuk

Sabtu 09-03-2024,23:20 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

Mengambil pinjaman baru untuk menutup hutang lama bukanlah solusi cepat untuk melunasi tagihan pinjaman online. Hal ini hanya akan membuat hutang tak kunjung selesai dan menambah beban pembayaran saja.

Cara cepat melunasi hutang pinjol berikutnya, pastikan untuk menghindari mengambil pinjaman baru untuk menutup utang lama. Fokus untuk melunasi hutang yang sudah ada sebelumnya agar cepat terbayarkan.

4. Buat anggaran untuk bayar utang

Jika sudah mengetahui jumlah hutang yang perlu dibayar, segera buat anggaran untuk melunasinnya. Anggaran ini harus mencakup semua pemasukan dan pengeluaran Anda.

BACA JUGA:Utang di Bawah 1 Juta Apakah Didatangi DC Lapangan Pinjol? Begini Penjelasan Lengkapnya

Dengan ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak dana pemasukan yang dialokasikan untuk pelunasan. Selain itu, disiplin dalam menjalankan anggaran juga perlu dilakukan.

5. Jual aset berdasarkan jumlah hutang

Cara ini dapat dilakukan apabila kamu memiliki barang berharga yang bisa dijual. Jika sudah tidak ada pilihan kamu bisa menjual barang seperti emas, perangkat elektronik, dan lain sebagainya.

Barang tersebut dapat dijual untuk mendapatkan uang tambahan supaya hutang cepat dilunasi. Ini merupakan langkah paling sempurna untuk melunasi semua tagihan pinjaman online.

6. Negosiasi dengan penyedia pinjaman

Jika Anda kesulitan untuk melunasi utang karena bunga yang tinggi, Anda dapat mencoba untuk bernegosiasi dengan penyedia pinjaman. Umumnya pihak pinjol akan memberikan keringan dan jalan keluar dari masalah tersebut.

BACA JUGA:DC Lapangan Pinjol Berhenti Menagih Nasabah Karena Menggunakan Joki Galbay, Apakah Benar? Begini Faktanya

7. Konsolidasi Utang

Cara melunasi utang pinjol jika memiliki beberapa tagihan, yakni dengan konsolidasi utang. Langkah ini yaitu dengan menggabungkan semua utang menjadi satu pinjaman dengan bunga lebih rendah, sehingga bisa mengurangi beban utang.

Demikian cara cepat melunasi hutang pinjol yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :