Jangan Ngaku Pecinta Nasi Goreng Kalo Belum Tahu Jenisnya: Inilah 7 Jenis Nasi Goreng Beserta Daerah Asalnya!

Sabtu 25-11-2023,08:00 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

Dari berbagai jenis Nasi Goreng di pulau Jawa, mungkin nasi goreng kampung menjadi Nasi Goreng yang paling sering dibuat sendiri di rumah. Bahkan, hampir semua restoran biasanya memiliki nasi goreng khas Indonesia yang ini di menu nya.

Sebenarnya, Nasi Goreng Kampung sendiri berasal dari Yogyakarta. Jika pada umumnya ciri khas kuliner Yogyakarta memiliki cita rasa yang manis, Nasi Goreng ini justru disajikan tanpa kecap sehingga warnanya tampak merah Dan tidak memiliki rasa manis.

BACA JUGA:Sering Disamakan, Ternyata Bakpia Semarang dan Yogyakarta Punya Perbedaan, Apa Saja?

Dengan berbagai macam bumbu dasar, Nasi Goreng Kampung khas Yogyakarta ini memiliki bumbu tambahan yaitu terasi, sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat.

Yang membuatnya lebih nikmat adalah telur yang disajikan merupakan telur mata sapi serta ditambah dengan toping potongan ayam kampung.

3. Nasi goreng aceh

Selain terkenal dengan Mie Acehnya, ternyata daerah “Serambi Mekah” ini juga memiliki kudapan khas yang tak kalah nikmat, yaitu Nasi Goreng Aceh.

Nasi Goreng Aceh biasanya juga selalu ada dalam menu di restoran yang khusus menjual hidangan khas Aceh.

Keunikan dari Nasi Goreng Aceh adalah memiliki cita rasa yang aromatik dan kaya akan rempah bumbu halusnya, seperti hidangan khas Aceh lainnya yang memiliki banyak pengaruh rempah Arab dan India.

Berbagai rempah yang dicampurkan dalam Nasi Goreng Aceh biasanya adalah cabai keriting yang dikeringkan, bunga lawang, pala, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, kayu manis, dan ketumbar.

Jika biasanya Nasi Goreng pada umumnya dilengkapi dengan topping ayam, nasi goreng khas Indonesia yang ini dilengkapi dengan topping daging sapi yang memiliki potongan kotak-kotak. Terdapat juga tambahan topping ikan laut seperti udang.

Tak boleh ketinggalan sebagai pelengkapnya adalah cacahan daun seledri, acar bawang, kacang goreng, mentimun, dan emping melinjo.

4. Nasi goreng merah Makassar

Jika kamu bertandang ke Makassar, rasanya tak lengkap jika tidak mencoba kudapan Nasi Goreng Merah Ujung Pandang.

Seperti namanya, nasi goreng ini memiliki tampilan yang cukup nyentrik karena memiliki warna merah.

Warna merah pada Nasi goreng khas Indonesia yang satu ini ini berasal dari saus tomat yang dimasak dalam waktu 8 jam sehingga warna merahnya sangat menyala.

Kategori :